TIPS MENJADI GURU CERDAS YANG DI SENANGI MURID

Menjadi guru merupakan sebuah tantangan yang sangat berat bagi kalangan pendidik karena harus melakukan berbagai inovasi terutama tentang proses belajar mengajar. Banyak guru yang tidak disukai oleh anak didiknya karena berbagai alasan, bisa saja siswa tidak suka guru yang terlalu kejam, idealis dan lain-lain. 

Kondisi tersebut merupakan hal yang lazim terjadi dalam dunia pendidikan karena memang siswa dan guru benar-benar berubah total didalam kelas. Kondisi dirumah dengan dikelas tentu sangat berbeda. Guru yang cerdas mestilah mempunyai keahlian untuk mendidik dengan baik disamping keahlian sosial, professional, pedagogik dan personal. Keempat keahlian ini harus dimiliki oleh seorang guru. Yang paling sukar yaitu kemampuan untuk mendidik dimana mendidik ini erat kaitannya dengan sisi personal, moral peserta didik.

Image result for GURU MENYENANGKAN\

Bagaimana caranya supaya dapat jadi seorang guru yang cerdas?
1. Seringlah membuat modifikasi
Lakukan seleksi serta eliminasi untuk semua bahan pembelajaran mulai dari RPP serta model mengajar dikelas. Apabila Anda melakukan hal ini maka Anda akan dianggap beda dengan guru-guru yang lainya yang malas untuk mengganti RPP.

2. Guru yang cerdas yaitu dia yang dapat membuat produk baru
Membuat produk baru disini lebih mengarah pada profesi sebagai guru, dimana produk yang dibuat yaitu berupa media pembelajaran yang menarik dengan kreatifitas pribadi. Kegunannya amat banyak, selain Anda akan dicap sebagai guru cerdas, Anda juga akan diberi label sebagai guru yang mandiri.

3. Ciptakan karya tulis guna memenuhi kebutuhan peserta didik Anda
Hal ini adalah sebuah cara dalam meningkatkan pangkat kita sebagai guru. Disamping itu menciptakan karya juga memberikan dampak kalau Anda merupakan guru yang mandiri. Contoh yang paling sederhana adalah membuat modul pembelajaran. Apabila Anda ingin, karya Anda juga dapat dikomersialkan dan dapat menghasilkan uang bagi Anda. Tidak ada kerja keras yang sia-sia.

4. Buat link seluas-luasnya
Membangun link artinya mencari partner, menerobos keadaan sekolah daerah lain. Ini berfungsi supaya Anda sebagai guru menjadi lebih sensitif dengan keadaan sekolah-sekolah yang lain, kepekaan ini akan membuat Anda menjadi seorang guru yang arif dalam mendidik serta memberikan penilaian.

5. Seringlah menghadiri seminar
Seminar yang berhubungan dengan perubahan kurikulum, seminar yang terkait dengan penggunaan IT untuk mengajar serta masih banyak yang lainya. Menghadiri seminar akan menambah wawasan Anda, dan wawasan yang luas merupakan modal utama untuk jadi guru yang cerdas.

6. Ciptakan humor dikelas
Ini amat sukar dilakukan oleh sebagian besar guru, mengapa hal ini sulit ? Sebab tidak semua guru mempunyai selera humor yang bagus, selain itu rasa jaim juga masih melingkupi keseharian pada saat mengajar. Perasaan ingin dihormati serta memposisikan anak didik tidak lebih dari manusia yang mesti menelan mentah-mentah semua perkataan kita. Cobalah mulai berpikir rileks, jadikan peserta didik seperti teman bermain, teman bercanda namun tetap fokus pada pelajaran. Seorang guru yang mempunyai selera humor pasti merupakan sosok guru yang pintar dan cerdas.

Guru merupakan sumber utama bagi semua murid untuk mendapatkan ilmu, segala tingkah laku guru akan menjadi teladan bagi muridnya, untuk itu seorang guru haruslah bersikap bijak dan tidak mementingkan kepentingan sendiri. 
Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari sdnbanaran1.blogspot.co.id . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

LIKE & SHARE

0 Response to "TIPS MENJADI GURU CERDAS YANG DI SENANGI MURID"

Posting Komentar