SRI MULYANI AKAN JALANKAN PROGRAM BARU PENSIUN PNS MULAI TAHUN DEPAN!

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati akan memberikan program baru penisun Pegawai Negeri Sipil (PNS). Program Baru Pensiun PNS akan diimplementasikan pada tahun 2018 mendatang.

Menurut Sri Mulyani, Program Baru Pensiun PNS ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan para purna PNS. Dia mengatakan jika pihakya akan melakukan hal ini secara bertahap dan mulai dari gaji hingga pensiun bisa megalami perbaikan.

‘Kami akan memperbaiki manfaat sistem pensiun PNS secara bertahap. Dengan ini diharapkan keseluruhan gaji hingga pensiun bisa mengalami perbaikan. Selain itu juga tak akan menjadi torsi tingkah laku aparatur negara yang notabennya pelayan masyarakat’ ujarnya saat Konferensi Pers RAPBN 2018, di Jakarta pada Senin, 21 Agustus 2017.

Program Baru Pensiun PNS

Sri Mulyani menambhkan jika pemerintah akan lebih dahulu mensinkroiskan kebijakan tersebut dengan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dia mengatakan jika pihaknya kini tengah berkoordinasi guna mendesain sustainable dalam jangka panjang serta perbaikan secara furdmental.

Mengenai hal ini juga ditanggapi oleh Direktur Jenderal Anggarn Kementerian Keuangan, Aksolani. Dia mengatakan jika saat ini pemerintah tengah melaukan evaluasi mengenai Program Baru Pensiun PNS ini. Jika memang tak ada hambatan program baru ini akan mulai dijalankan pada tahun 2018.

‘Kebijakan ini sudah masuk dalam kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) dan RAPBN 2018. Program ini masih dalam evaluasi dan jika jadi akan dijalankan pada tahun 2018’ ujarnya.

Aksolani menambahkan jika program baru ini akan dijalankan secara bertahap nantinya. Namun untuk lebih detailnya dia enggan menjelaskan sebab masih ditangani oleh Menkeu dan Menteri PANRB.

‘Berdasarkan arahan dari Presiden, Bu Menkeu dan Pak Menteri PANRB akan memfasilitasi kebijakan ini. Diharapkan ada di tahun 2018 dan ini tergantung kepada keputusan Menkeu dan Menteri PANRB’ ujarnya.

Seperti diketahui jika sebelumnya Direktur Jenderal Penyusunan APBN Dirjen Anngaran Kemnkeu, Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengacu pada Undang-Undnag (UU) Nomor 11 tahun 1969. Undang-Undang tersebut tentang pegawai dana Pensiun Janda/Duda Pegawai, PNS saat ini wajib bayar iuran 8 persen dari gaji pokok ditambah tunjangan keluarga.

Pemerintah sendiri akan menerapkan Program Baru Pensiun PNS secara bertahap guna menjami kesejahteraan PNS di masa purnabakti. Perubahan program ini perlu memerhatikan yakni perhitungan dasar manfaat pensiun PNS dan peran serta pemerintah dalam program ini.
Sumber: indowarta.com
LIKE & SHARE

0 Response to "SRI MULYANI AKAN JALANKAN PROGRAM BARU PENSIUN PNS MULAI TAHUN DEPAN!"

Posting Komentar