Guru Daerah Terpencil Diberikan Tunjangan Khusus

Formasi program Guru Garis Depan (GGD) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dikhususkan tingkat SMA/SMK. Kaltara mendapatkan jatah 38 guru dan ditempatkan di Bulungan, Malinau dan Nunukan.

Namun bagaimana dengan kabupaten, apakah dapat mengusulkan GGD ke Kemendikbud untuk tingkat SMP. Menurut Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Bulungan Amar Mulia, untuk usulan tersebut menjadi kewenangan pemerintah daerah. Tetapi, harus menyesuaikan dengan kriteria penempatan GGD, yakni di daerah 3 T (terluar, tertinggal dan terpencil.

Image result for uang


“Kecamatan Bunyu mendapat jatah 7 orang GGD karena dinilai sebagai daerah terluar. Apalagi untuk guru SMK di Bunyu masih sangat minim,” jelasnya, belum lama ini. Dikatakan Amar, GGD tidak termasuk untuk jenjang SD maupun SMP. Akan tetapi, pihaknya telah memberikan tunjangan khusus bagi guru yang mengajar di daerah terpencil di Bulungan, baik tingkat SD dan SMP.

Sebanyak 83 guru yang mengajar, menyesuaikan kriteria terpencil. Yakni sekolah yang berada di lokasi dengan infrastruktur tak memadai dan tak memiliki listrik. Jumlah guru tersebut, lanjut dia, yang berhak diberikan tunjangan khusus. Akan tetapi, untuk saat ini pemerintah daerah belum menetapkan letak geografis yang terbaru. Daerah-daerah yang terpencil dengan fasilitas kurang memadai.

“Semisal di SDN 04 Sekatak, sebelumnya fasilitas kurang menunjang, akses jalan susah dilewati. Tapi tahun ini jalan dapat dilalui, sehingga dibutuhkan revisi untuk menentukan letak geografis daerah terpencil,” urainya.

Sebanyak 83 guru yang mengajar di daerah terpencil merupakan data sejak 2000 silam. Hingga kini belum dilakukan revisi pemerintah daerah, terkait kriteria yang masuk dalam daerah terpencil. “Bagi guru yang mengajar di daerah terpencil, layak diberikan tunjangan khusus dengan besaran satu kali gaji pokok. Bahkan bila sudah masuk golongan empat, tiap guru bisa menerima Rp 4 jutaan,” sebutnya.

Dia juga mengatakan, jika letak geografis daerah terpencil direvisi. Maka tunjangan khusus bisa dialihkan ke daerah yang masih minim fasilitas. Tunjangan khusus diberikan terhadap guru yang sudah menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Untuk melakukan revisi daerah terpencil, perlu mengunjungi beberapa desa sesuai kriteria.

“Direncanakan tahun depan itu sudah mendapatkan data terbaru. Tak menutup kemungkinan jumlah penerima tunjangan khusus dapat bertambah,” imbuhnya. Guru penerima tunjangan khusus alokasi dana bersumber dari APBN. Jika guru yang bersangkutan ingin minta mutasi ke daerah perkotaan, harus menanti 10 tahun.

“Sesuai kesepakatan awal saat penempatan, bahwa guru bersedia ditempatkan di wilayah mana saja. Salah satunya daerah terpencil, bisa minta mutasi asalkan ada guru penggantinya,” tandasnya.
LIKE & SHARE

0 Response to "Guru Daerah Terpencil Diberikan Tunjangan Khusus"

Posting Komentar