TUNJANGAN TRIWULAN KEDUA CAIR AGUSTUS

Kabar baik untuk para guru. Tunjangan sertifikasi akan segera dicairkan pada Agustus mendatang. Makanya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) meminta setiap guru untuk aktif dalam mengurus kelengkapan administrasi pencairan dana.

Sekretaris Disdikbud Balikpapan Purnomo mengatakan, Kamis (27/6) lalu, dana tunjangan sertifikasi dari pusat telah masuk ke kas daerah. Itu untuk pembayaran tunjangan sertifikasi triwulan kedua, periode April, Mei dan Juni. Syarat pencairan dana oleh guru di antaranya bukti jam ajar dalam sepekan minimal 24 jam, pernyataan absensi yang telah diketahui dan ditandatangani kepala sekolah.

"Yang jelas absensi harus penuh. Tidak ada cuti, tidak ada mangkir, tidak sedang sakit lebih dari 3 hari," ujarnya.

Image result for sertifikasi guru

Purnomo melanjutkan, bila persyaratan telah lengkap akan dijadikan dasar untuk melakukan transfer ke rekening masing-masing penerima tunjangan. Namun, butuh waktu yang efektif supaya penerima tunjangan bisa segera menerima haknya.

"Kalau proses pengumpulan dan penyerahan data ke Dapodik (Data Pokok Pendidikan) berjalan  lancar dan feedback dari sekolah cepat, maka makin cepat dikeluarkan SK pencairan tunjangan masing-masing orang," paparnya.

Dia menargetkan mulai Agustus, tunjangan bisa diberikan. Namun diprediksi jumlah penerima tunjangan berkurang tiap triwulan. Sebab ada yang baru saja pensiun, meninggal dunia, mengundurkan diri, serta tidak memenuhi jam ajar minimal 24 jam seminggu dan ada juga yang sedang umrah.

"Bagi yang masih punya hak mendapat tunjangan bisa cepat diurus. Supaya bisa dapat semua," tambahnya.

Dia menjelaskan, dalam pemberian tunjangan sertifikasi dilakukan dalam bentuk transfer ke nomor rekening penerima. Sehingga diminta supaya memberikan nomor rekening yang sesuai dan diperbarui datanya bila berganti rekening. Transfer dilakukan bertahap. Pada triwulan pertama lalu, transfer dilakukan sampai empat kali.

Sedangkan pada triwulan kedua ini, dia optimistis tunjangan bisa diberikan secara lancar dan tidak perlu bertahap. Bila guru bersertifikasi aktif mengurus persyaratan dengan lengkap dan cepat. "Triwulan 2 saya harap lancar. Apalagi sudah ada dananya tinggal diberikan ke penerima," ungkapnya.

Adapun dana tunjangan yang disiapkan untuk sekitar 2.170 guru totalnya mencapai Rp 21 miliar lebih
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "TUNJANGAN TRIWULAN KEDUA CAIR AGUSTUS"

Posting Komentar