TIPS CARA MENGATASI SISWA YANG MALAS MENGERJAKAN TUGAS

Tips cara mengatasi siswa yang malas mengerjakan tugas -  Sebagai guru tentu anda selalu menginnginkan yang terbaik untuk siswa anda. Memberikan mereka tugas harian merupakan salah satu bentuk pembentukan sikap menjadi seorang pembelajar dalam diri siswa. Tugas juga akan melatih siswa untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Melatih siswa untuk belajar bekerja sama, adalah dampak lain yang ditimbulkan dari pemberian tugas kepada siswa. Ada beragam cara guru dalam memberikan tugas kepada siswa. Mulai tugas yang diberikan secara periodik, seperti setelah selesai satu pokok bahasan. Bisa juga memberikan tugas kepada siswa dengan cara pemberian tugas proyek yang membutuhkan rentang waktu tertentu untuk menyelesaikaknya. Semua cara yang anda gunakan untuk memberikan tugas kepada siswa tergantung dari tingkat kesukaran materi.

Apa yang anda rencanakan dalam memberikan tugas kepada siswa tidak selamanya berjalan dengan lancar. Tugas yang anda berikan terkadang tidak diselesaikan tepat waktu. Ada saja beberapa siswa yang molor. Kadang mengundur mengumpulkan tugas hingga benerapa hari. Tentunya dengan berbagai alasan yang mereka sampaikan. Mengalami permasalan seperti ini tentunya sedikit membuat anda kecewa. Mungkin berbagai kiat dan trik khusus yang sudah anda gunakan agar permasalahan tersebut tidak muncul. Akan tetapi setiap kali diberikan tugas ada saja anak yang tidak mengumpulkan tugas mereka tepat waktu.

Image result for siswa mengerjakan tugas

Seperti apa yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa tugas berupa pekerjaan rumah sering sekali mengalami keterlambatan. Apa lagi bagi Anda yang bertugas mengajar di sekolah dasar. Kebiasaan tugas lupa dibawa hingga sampai lupa dibuat kerap ditemukan. Lalu apakah kita harus berdiam diri saja dan hanya sebatas memberikan hukuman saja agar siswa menjadi takut sehingga mereka berusaha mengerjakan tugas mereka dengan berbagai cara termasuk menyontek atau meminta bantuan pada orang tua agar terlihat mengerjakan tugas dengan tepat waktu.

Menghadapi masalah seperti apa yang kami sebutkan tadi tentunya kita ingin siswa kita ingin mengatasinya. Berikut ini kami akan membagikan tips cara mengatasi siswa yang malas mengerjaka tugas dengan beberapa langkah, antara lain :

Pertama, diawal Anda mengampu suatu mata pelajaran atau suatu kelas, bagi Anda yang bertugas sebagai guru kelas. Merupakan sebuah keharusan melakukan pendekatan kepada siswa. 
Dalam pendekatan tersebut Anda bisa menyampaikan bagaimana tugas sebagai siswa dan cara belajar yang baik. Pertemuan tersebut biasanya dilakukan diawal tahun pelajaran. Di pertemuan tersebut Anda bisa mengadakan semacam perjanjian atau kesepakatan kepada siswa tentang bagaimana kewajiban siswa dalam mengerjakan tugas dan sanksi yang bisa diterima bila siswa tidak tepat waktu mengerjakan tugasnya.

Kedua, Berikan siswa tugas-tugas yang bersifat mudah dan ringan terlebih dahulu. Hal ini penting anda lakukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan samangat siswa untuk mengerjakan tugas tepat waktu dan bekerja dengan jujur.

Ketiga, Segera koreksi tugas yang sudah siswa kumpulkan dengan tepat waktu. Jangan membiarkan tugas siswa terkumpul berlarut-larut diatas meja kerja anda tanpa anda koreksi. Bila ini anda lakukan maka disatu sisi siswa akan merasa kecewa dan disisi lain siswa tidak akan menghiraukan setiap tugas yang anda berikan karena merasa kalau tugas yang disetor kepada guru tidak dikoreksi.

Keempat, Berikan penghargaan bagi siswa yang sudah mengumpulkan tugas dengan tapat waktu. Dengan begitu siswa anda akan lebih bangga atas kemampuan yang mereka miliki untuk menyelesaikan tugas dari guru.

Kelima, Bila siswa ada mengalami kesulitan dalam menyelesikan tugasnya. Maka anda jangan sungkan-sungkan untuk memberikan penjelasan secara tertulis kepada siswa tersebut pada buku tugas yang dikumpukan, Dengan cara demikian siswa anda akan memperoleh penjelasan tentang soal yang belum berhasil mereka selesaikan secara tidak langsung.

Semoga dengan cara tersebut anda bisa mengatasi siswa yang malas mengerjakan tugas.
memang bila kita terapkan di tempat yang berbeda belum tentu nantinya akan menghasilkan hasil yang sama. Namun, tidak ada salahnya kita mencoba sesuatu yang baik untuk siswa kita.
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "TIPS CARA MENGATASI SISWA YANG MALAS MENGERJAKAN TUGAS"

Posting Komentar