Siswi N, Sering Tak Dipercaya hingga Bikin Sekolah Sulit Daftar UNBK

Memiliki namahanya satu huruf saja yaitu N membuat siswi asal Bantul ini harus menerima berbagai respon orang lain saat berkenalan. Kebanyakan orang tak akan langsung tak percaya saat N memperkenalkan namanya. 

"Biasanya setelah kenalan pertamanya pada enggak percaya, tapi kalau sudah kenal ya percaya kalau nama saya N," ujar N (16), saat ditemui di sela-sela pengumuman dan pendaftaran ulang penerimaan siswa baru di SMK N 1 Bantul, Sabtu (8/7/2017).

Sementara orang-orang dewasa, terkadang juga tak percaya kalau namanya N. Namun mereka tidak secara langsung memastikan dengan bertanya ke N, tapi bertanya ke orangtuanya.

Siswi N, Sering Tak Dipercaya hingga Bikin Sekolah Sulit Daftar UNBK

"Kalau tetangga atau ada orang yang heran dan penasaran, biasanya pada tanya langsung ke bapak," ungkapnya.

N adalah anak terakhir dari 3 bersaudara. Dia lahir dari pasangan Wahyu Sih Nugroho (51) dan Sukarti (48), warga Desa Tamanan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul, 15 November 2001 lalu. Namun dia pernah hampir kena masalah saat duduk di bangku SMP N 2 Sewon.  Saat itu sekolahnya akan mendaftarkan siswa-siswanya untuk mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) SMP. Namun karena ada 1 siswa yang memiliki nama 1 huruf, pihak sekolah tidak bisa mendaftarkan seluruh siswa-siswanya.

"Waktu itu kan menjelang UNBK, (siswa kelas IX) mau didaftarkan ke pusat, tapi sama pusat ditolak. Jadi satu sekolah tidak bisa mendaftar, gara-gara nama N," ungkapnya.

Namun setelah diurus pihak sekolah, akhirnya seluruh siswa kelas IX di SMP N 2 Sewon bisa ikut dan menyelenggarakan UNBK. "Terus sama gurunya diurus, akhirnya bisa menyelenggarakan UN (UNBK)," paparnya. N lulus di SMP N 2 Sewon tahun ini dengan nilai UNBK 32,00. Dengan nilai ini akhirnya dia mendaftar ke SMK N 1 Bantul mengambil jurusan akuntansi.

"Mulai UN (UNBK) SMP saya 32,00. Kalau mata pelajaran yang paling saya sukai matematika. Di SMK N 1 Bantul saya milih jurusan akuntansi, karena agar bisa bekerja di bank," pungkasnya. 
Sumber: news.detik.com
loading...
LIKE & SHARE

1 Response to "Siswi N, Sering Tak Dipercaya hingga Bikin Sekolah Sulit Daftar UNBK"

  1. Berikan nama yang baik bagi anak dan juga yang tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

    www.tokobukurahma.com

    BalasHapus