MENKEU: PILIH UTANG ATAU GAJI PNS DIPOTONG?

Utang pemerintah kini tengah menjadi sorotan masyarakat. Sebab, Posisi utang pemerintah melonjak Rp34,19 triliun dari Rp3.672,33 triliun pada Mei menjadi Rp3.706,52 triliun di Juni. Jumlah utang yang terus bertambah menimbulkan kekhawatiran publik.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencoba menerangkan mengenai perlunya utang. Dia mencontohkan postur (APBN-Perubahan) 2017 yang mana ditargetkan penerimaan perpajakan sebesarRp1.732,9 triliun dan belanja Negara sebesar Rp2.133,3 triliun yang artinya ada selisih Rp397,2 triliun. Selisih tersebut tentu yang dibiayai oleh utang. "Jadi kalau ingin APBN tanpa utang, maka belanja Negara harus saya potong sebanyak Rp397,2 triliun, itu kan berarti balance?" kata Ani dalam diskusi utang untuk apa dan siapa di Kompleks Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis 27 Juli 2017.

Image result for SRI MULYANI


Image result for sri mulyani

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini lantas menanyakan jika anggaran yang hampir mendekati Rp400 triliun tersebut dipotong, maka pos belanja apa dulu yang kiranya akan dipotong pada pertama kalinya. Dia pun membuat polling dan menanyakan pada audience yang datang di acara diskusi. Apakah anggaran gaji pegawai negeri sipil (PNS), alokasi anggaran untuk pendidikan, alokasi anggaran untuk kesehatan, alokasi anggaran bantuan sosial yang bisa dipangkas.

"Gaji kan enggak mungkin saya potong, kalau yang enggak bisa dipotong seperti gaji TNI, Polri, guru, menurut Anda perlu saya potong enggak?" tanya Ani ke audience disusul jawaban tidak.

Lalu dia memberi pilihan lagi untuk memangkas anggaran infrastruktur yang saat ini memang sedang jadi fokus pemerintah.

"Infrastruktur saya potong MRT, LRT kita berhentikan ya? Mangkrak, Anda macet terus kan enggak apa-apa ya? Pokoknya kan enggak utang yang penting," tanya Ani.
Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari ekonomi.metrotvnews.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

7 Responses to "MENKEU: PILIH UTANG ATAU GAJI PNS DIPOTONG?"

  1. cocok pak bastiyan...setuju...sejak kapan ada negara tanpa hutang...amerika saja punya hutang...apalagi qt negara berkembang..kadang memang qta hanya pandai mencerca tapi tak pandai berpikir bijak.
    mengakunya berpendidikan tapi ibarat nontob film hanya nonton episode terakhir TERUS KOMEN.tergesa gesa dalam menilai keburukan pemimpin..BIJAK KAH KITA? MENCELA PEMERINTAH HANYA DENGAN SATU ALASAN..YANG SEBENARNYA QT tak mengetahui apapun tentang ILMU PEMERINTAHAN.

    bukan mendoakan hal baik tapi menyalahkan.

    BalasHapus
  2. Masukkan komentar Anda...la gmn lgi la wong semua mintanya paket gratis....mbok jngan gunakan istilah gratis tapi yang murah aja...biar semua bisa njangkau......

    BalasHapus
  3. maaf...coba ditinjau kembali uang sertifikasi...apakah sudah tepat sasaran?... silakan kroscek setiap laporan full tidak ada absen dan sementara d lapangan tau sama tau aja.

    BalasHapus
  4. Menurut saya, dari pada gaji PNS yg d potong, sebaiknya Bantuan Operasional Sekolah aja yang dihentikan ! Setuju ?????

    BalasHapus
  5. Jgn cm PNS..semua dipotong menteri2..presiden..wapres..DPR..yg tunjangannya besar, besar jg potongannya..trus jgn samain yaaa PNS daerah dan PNS kementrian..beda jauhhhh gaji dan tunjangannya

    BalasHapus
  6. Yap .. potong saja, apa loe mau lah

    BalasHapus
  7. Bagusnya jual aja Maluku ke untuk tutup utang negara biar aman bu

    BalasHapus