INI LHO TIPE-TIPE MURID BERDASAR POSISI TEMPAT DUDUKNYA DI KELAS

Kamu pasti sering mendengar anggapan posisi menentukan prestasi. Anggapan tersebut sudah menjadi buah bibir sejak lama. Perdebatan mengenai posisi duduk di dalam kelas ini semakin menguat di kalangan pelajar menjelang ujian. Terdengar sepele, namun ternyata posisi duduk seorang pelajar di dalam kelas memang mampu memengaruhi perasaan atau mood dalam menerima pelajaran.

Dilansir brilio.net dari USA Today, Jumat (28/7), disebutkan bahwa pilihan posisi duduk dalam kelas ternyata mampu memengaruhi pandangan guru atau dosen terhadap siswanya. Hal tersebut diperkuat dengan pengklasifikasian posisi duduk dari Pusat Pendidikan dan Latihan di Western New England University di mana membagi menjadi tiga posisi, yaitu depan, tengah, dan belakang.


Berdasarkan posisi tempat duduk ternyata dapat menggambarkan karakter murid, lho. Dari posisi tempat duduk, kamu pun bisa mengetahui tipe murid seperti apa di kelas. Saking hangatnya menjadi perbincangan, muncul pula ilustrasi tipe murid berdasarkan tempat duduk di kelas.

Ini dia tipe-tipe murid berdasar posisi tempat duduk di kelas yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

1. Posisi bangku di baris paling depan.


Posisi duduk murid paling depan identik dengan siswa berprestasi. Pasalnya, posisi duduk tersebut begitu dekat dengan meja guru. Tipe murid yang duduk paling depan ini termasuk murid yang suka berstrategi. Pertama, murid tahu apa yang harus dilakukan dan tujuannya jelas.

Murid yang duduk di bagian paling depan ingin fokus menerima ilmu alias belajar. Murid ini pun menjadi andalan guru hingga kerap dianggap sebagai asisten guru di kelas. Komunikasi guru dan murid bangku paling depan cukup dekat. Tak jarang, murid yang duduk di depan jadi bintang kelas karena prestasinya.

Di sisi lain, murid yang duduk di bangku paling depan juga mahir berstrategi dalam hal yang kurang baik, seperti bekerjasama dalam ujian alias mencontek. Baginya, prinsip tempat berbahaya adalah tempat aman. Nah, murid seperti ini termasuk pelajar yang malas belajar. Daripada duduk di belakang dan selalu ditunjuk guru, murid ini memilih posisi aman dengan duduk di paling depan.

2. Duduk di bangku baris kedua dari depan.


Duduk di bangku baris kedua dari depan termasuk posisi duduk depan. Jika posisi paling depan diisi oleh murid yang rajin, suka mencatat, dan fokus belajar. Posisi kedua diduduki oleh murid yang rajin sekolah tapi malas mencatat. Tipe murid ini biasanya suka pinjam catatan dari temannya yang duduk di baris depannya.

3. Duduk di posisi tengah.

Posisi murid yang duduk di tengah memiliki karakter yang santai. Selain itu, tipe murid yang duduk di tengah cenderung suka mencari aman. Mereka tak ingin menjadi sasaran dari guru seperti penunjukkan guru ke depan kelas. Tipe murid yang duduk di tengah ini biasanya mampu mengikuti atau berbaur dengan situasi kelas. Kadang bisa diajak serius, tapi kalau bikin gaduh juga bisa.

Penghuni tengah ini didominasi oleh murid yang tidak ingin terlihat menonjol. Namun demikian, mereka punya prestasi di mana nilainya nggak jelek. Sering kali, posisi tengah jadi sumber keributan yang tak terelakkan. Di samping itu, penghuni tengah ini sebenarnya ingin duduk di belakang, tapi nggak kebagian tempat.

4. Posisi duduk cenderung di belakang.


Murid yang duduk di posisi agak belakang ini termasuk murid yang hampir nggak pernah dengerin guru. Pikirannya hanyut pada dunianya sendiri alias suka asyik sendiri.

5. Posisi duduk paling belakang.


Nah, kalau murid yang duduk pada posisi paling belakang ini identik dengan karakter yang super santai. Di sisi lain, murid yang duduk paling belakang ini mendapat stigma buruk, seperti tukang tidur dalam kelas atau suka bolos pelajaran.

Nggak hanya itu, murid ini dikenal suka iseng. Meski begitu, murid ini suka jadi pelawak di kelas. Mereka menghibur teman-teman dan mencairkan suasana dengan banyolannya.

Jangan tanya kalau soal prestasi. Dengan perawakan yang santai, karakter murid yang duduk paling belakang ini termasuk kreatif. Pembawaan yang santai ini membuat para guru menaruh perhatian pada penghuni bangku belakang. Murid bangku belakang ini sering mengisi kelas dengan kegiatan seru-seru.

Nah, kira-kira kamu duduk di posisi mana nih, Sobat ?

Sumber: www.brilio.net/
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "INI LHO TIPE-TIPE MURID BERDASAR POSISI TEMPAT DUDUKNYA DI KELAS"

Posting Komentar