Guru Ini Rela Jalan Kaki 7 Kilometer dari Rumah Tempatnya Mengajar

SAAT namanya disebut sebagai pemenang juara 1 guru daerah khusus daerah terpencil tingkat SD se-Sumsel, raut Anisak Iin Khasanah langsung sumringah. Wanita yang sudah mengabdi selama 15 tahun di SDN 3 Tungkal Ilir, Banyuasin ini bahkan menjadi satu-satunya pemenang dan meraih reward dari pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat Sumsel tahun 2017. Keberhasilannya meraih penghargaan perdananya ini bukan tanpa alasan.

Menjadi seorang guru di daerah terisolir dengan medan berat setiap hari adalah perjuangan yang harus dilaluinya.

Guru Ini Rela Jalan Kaki 7 Kilometer dari Rumah Tempatnya Mengajar

"Akses jalan menuju desa kami saja sangat berat. Kalau hujan turun, saya dan guru lain harus jalan kaki dari rumah ke sekolah sekitar 7 kilometer. Itu pun harus harus berjibaku dengan medan alam yang berat," ujarnya usai menerima penghargaan di Swarna Dwipa, Rabu (12/7/2017).

Kendati demikian, ia harus sabar dan ikhlas dalam menjalankan tugas mendidik. Sebab ada anak-anak yang menanti di sekolah dan berharap guru mereka datang untuk mengajar.

"Karena aksesnya jauh, maka sekolah kami masih jauh tingkat kemajuannya dibandingkan sekolah kota. Terutama dari fasilitas dan sarana penunjang pembelajaran," ujar wanita kelahiran Muba, 1 September 1980 ini. Ia menambahkan, untuk meraih penghargaan ini memang sudah dipersiapkannya sejak lama. Makanya ia rajin mengikuti kejuaraan dan mengumpulkan penghargaan.

"Kuncinya harus tulus dalam mengabdi. Niatkan untuk mendidik dan jangan lalai dengan tugas kita sebagai guru. Soal amal ibadah kita, pasti selalu ada balasannya," jelas guru yang sudah diangkat PNS 8 tahun lalu ini.

Saat ditanya apakah ada keinginan untuk dirotasi ke sekolah lain terutama kota, ibu dua anak ini dengan lugas menolak. Baginya SD tempat ia mengabdi sekarang sudah memberikan kontribusi pendidikan kepada masyarakat.

"Harapan saya tidak muluk-muluk, pemerintah cukup beri perhatian kepada sekolah terpencil seperti kami. Jangan ada pemberian perlakuan yang berbeda, karena tugas kami juga sama untuk mencerdaskan anak bangsa," terangnya.

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Guru Ini Rela Jalan Kaki 7 Kilometer dari Rumah Tempatnya Mengajar"

Posting Komentar