Gaji Ke-13 PNS Siap Cair Pekan Depan!

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ini telah memastikan bahwa akan mencairkan atau pun membayarkan gaji ke-13 para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan juga Polri atau TNI yang mulai aktif Senin  pekan depan 3 Juli 2017. Para PNS ini akan mengantongi besaran gaji pokok yang akan ditambah dengan tunjangan yang lainnya. 
Hal ini telah disampaikan oleh Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu yakni Marwanto Harjowiryono. Dirinya telah mengatakan bahwa gaji ke-13 para PNS yang masih aktif ini akakn dicairkan pada awal bulan Juli ini. Marwanto pada saat dikonfirmasi pada hari Jumat 30 Juni 2017 ini telah mengatakan “Masih sesuai rencana, dicairkan di hari kerja pertama Juli ini. Jadi di tanggal 3 Juli 2017”. 

Gaji Ke-13

Pelaksanaan dari pembayaran Gaji ke-13 ini telah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 74/PMK.05/2017 tentang Perubahan Atas PMK Nomor 96/PMK.05/2016 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas Kepada PNS, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan. 

Di dalam pasal 9 telah disebutkan bahwa penerima gaji ke-13 ini juga telah meliputi menteri, pejabat pimpinan tinggi, wakil menteri, staf khusus di lingkungan kementerian, anggota DPRD, hakim ad hoc, serta pegawai lainnya yang diangkat pejabat pembina kepegawaian atau pejabat yang memiliki kewenangan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Sesuai dengan bunyi dari Pasal 11 PMK 74/2017, Gaji ke-13 ini akan dibayarkan pada bulan Juli ini. Gaji ke-13 yang akan diterima oleh para PNS Ini antara lain adalah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan ataupun tunjangan umum dan juga tunajangan kinerja.

Marwanto menyebutkan bahwa anggaran negara yang telah dibutuhkan untuk membayar gaji ke-13 para PNS aktif pada tahun ini sebesar Rp 6,8 triliun. Jumlah tersebut kurang lebih sebesar 29,56 persen dari total alokasi anggaran sebesar Rp 23 triliun untuk membayar Tunjangan Hari Raya dan juga gaji ke-13. Marwanto menjelaskan bahwa mekanisme pengambilan dari gaji ke 13 ini sama dengan THR.

Sumber: indowarta.com
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Gaji Ke-13 PNS Siap Cair Pekan Depan!"

Posting Komentar