ALASAN BKN HAPUS STATUS GURU DAN BIDAN JADI PNS!

Seperti diketahui saat ini jika pada umumnya Guru dan Bidan berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun kali ini Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mempunyai wacana supaya guru maupun bidan tak perlu menyandang status sebagai PNS. BKN menyebut jika Guru dan Bidan tidak berstatus PNS melainkan sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Namun wacana ini masih perlu dikaji lebih mendalam lagi supaya mendapatkan respon dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Mengenai pernyataan tersebut juga disampikan langsung oleh Kepala BKN, Bima Harian Wabisana saat dihubungi oleh tim media. ‘ 

Wacana baru guru dan bidan berstatus PPPK. Tapi masih opini dan belumen jadi kebicakan dan ini untuk mengetes PGRI (Persatuan Guru Seluruh Indonesia) mau atau tidak’ ujarnya melaui pesan singkat pada Sabtu, 29 Juli 2017. Selain itu Bima juga menambahkan jika wacana kebijakan PPPK sendiri masih berupa wacana dan menunggu opini yang keluar nantinya. 

Guru dan Bidan

Menurutnya, BKN harus menjalankan tes kebijakan (policy test) untuk standart unum dalam pembuatan suatu kebijakan. Jika kebijakan yang diperuntukan untuk Guru dan Bidan ini taka dilakukan tes terlebih dahulu dikhawatirkan akan merepotkan Presden RI nantinya. Bima mengatakan jika kebijakan harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu atau uji coba seprti hanya kebijakan sekolah 8 jam selama lima hari dan lainnya yang tentunya memerlukan tes kebijakan.

‘Seharusnya dilakukan tes kebijakan terlebih dahulu dan jika tidak menutup kemungkina sebagian besar akan menolak. Jika itu terjadi pastinya akan merepotkan Presiden seperti halnya kebijakan sekolah lima hari dan policy test juga dilakukan sebelum diplementasikan dua tahun berikutnya’ uarnya.

Namun Bima sendiri mengatakan wacana Guru dna Bidan tak usah jadi PNS, namun jadi PPPK juga mempunyai alasan tersendiri. Pertimangan tersebut karema bayak guru maupun bidan selalu mengajukan mutasi ke daerah lainnya setelah diangkat mnjadi CPNS ataupun PNS.

Pelakuan pemerintah sendiri menurut Bima nantinya juga tidak akan berbeda jauh antara PNS maupun PPPK. Kontak yang disepakati berdasarkan kinerjanya dan dilakuannya hal itu supaya guru dan bidan bisa berkomitmen untuk lebih giat melaksanakan tugas serta tanggung jawabnya.
Sumber: indowarta.com
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "ALASAN BKN HAPUS STATUS GURU DAN BIDAN JADI PNS!"

Posting Komentar