Ingat! Tidak Ada Jalur Tes PPDB

Pemprov Jatim resmi menghapus jalur tes penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri tahun ini.

Sehingga, sekolah dilarang membuka jalur tes. ‘’Tidak ada jalur tes. Sebagai gantinya bisa lewat jalur prestasi atau bidikmisi,’’ kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Ponorogo Bambang Supriyadi, seperti diberitakan Radar Madiun (Jawa Pos Group).

Menurut dia, saat ini jalur tes sudah tidak relevan. Sebab, pelaksanaan ujian nasional (UN) sudah semakin tertib dan disiplin.

Image result for siswa smp

Nilai UN dianggap sudah mewakili kemampuan peserta. Utamanya, siswa yang melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).

Sehingga, dibedakan antara siswa yang UNBK dan UNKP alias kertas dan pensil. Namun, nilai keduanya dianggap sama-sama mewakili.

‘’Saat ini kecurangan pelaksanaan UN sudah semakin sulit. Jadi nilai yang dihasilkan kami anggap sudah mewakili,’’ terangnya.

Sebagai gantinya, pemprov menyiapkan empat jalur. Yakni, jalur prestasi, mitra warga, bidikmisi, dan inklusif. Jalur prestasi untuk pelajar berprestasi akademik maupun nonakademik. Kuotanya lima persen dari pagu masing-masing sekolah.

Nilai prestasi diutamakan dari tingkat tertinggi. Mulai internasional, nasional, provinsi, hingga kabupaten/kpta. ‘’Prestasi hanya untuk kejuaraan yang digelar dinas pendidikan (dindik) atau kementerian pendidikan. Di luar itu tidak dipakai,’’ jelasnya. Sedangkan jalur mitra warga untuk pelajar dari keluarga kurang mampu.

Pun bidikmisi, mengutamakan siswa dari keluarga kurang mampu dengan nilai UN rata-rata 8,5 dan minimal tidak mendapat nilai 7,0 setiap mapelnya.

Kuota jalur ini hanya tiga persen.Tak pelak, persaingan cukup ketat. Apalagi, peserta yang masuk melalui jalur ini sepenuhnya dibiayai pemprov.

Sementara jalur inklusif, untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK). Kuota maksimalnya hanya lima anak dalam satu rombongan belajar (rombel).

‘’Bagi peserta lintasprovinsi mendapat kuota satu persen,’’ ungkap Bambang sembari menyebut kuota antarkabupaten/kota sepuluh persen.

Peserta juga tidak dapat sembarangan memilih sekolah yang diinginkan. Wajib sesuai wilayah (zona) masing-masing. Sebab, PPDB tahun ini menerapkan sistem zonasi.

Namun, peserta masih dapat mendaftar di zona lain sebagai pilihan kedua. Sedang, pilihan ketiga wajib sekolah zona pertama. Sehingga, kesempatan masuk sekolah zona luar domisili cukup kecil.

Pendaftaran, lanjutnya, menerapkan dua sistem. Yakni, online dan offline. Sistem offline dibuka lebih dulu 12 sampai 14 Juni 2017. Sedangkan, sistem online dimulai 3 sampai 6 Juli 2017 mendatang. ‘’Tetapi pengambilan nomor PIN pendaftaran online sudah dapat diambil mulai besok (hari ini),’’ ungkapnya.

Pengambilan PIN cukup di sekolah terdekat. Tidak perlu ke sekolah yang diinginkan. Pihaknya, juga bakal membuka loket pengambilan nomor PIN di kantor cabang dindik provinsi. Pendaftaran tidak dipungut biaya alias gratis. Sebab, dibiayai dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Dia berharap masyarakat aktif menghimpun informasi. Utamanya sistem online yang relatif baru di Ponorogo.

‘’Sosialisasi terus kami lakukan,’’ pungkasnya sembari menyebut informasi PPDB online dapat diakses di www.ppdbjatim.net. 
Sumber: www.jpnn.com
loading...
LIKE & SHARE

1 Response to "Ingat! Tidak Ada Jalur Tes PPDB"

  1. saya sangat berterima kasih banyak [Kyai Sanjaya] atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok [Kyai Sanjaya] itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan Kyai,,bagi anda yang ingin dibantu sama [Kyai Sanjaya] silahkan hubungi Kyai di 082 399 986 107 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok Kyai { KLIK-DISINI }

    BalasHapus