Wahai Para Pendaftar SBMPTN, Ketahuilah...

Masa pendaftaran seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang dibuka pada 11 April lalu akan ditutup kemarin malam hari (5/5) pukul 22.00 WIB.

Panitia pusat SBM PTN 2017 membuka peluang untuk perpanjangan masa pendaftaran. Namun perpanjangan ini dikhususnya untuk pelamar yang sudah menyetor uang pendaftaran.

Rekapitulasi hingga kemarin pukul 16.09 WIB menunjukkan jumlah pendaftara SBMPTN yang datanya sudah disimpan permanen mencapai 688.748 peserta.

Wahai Para Pendaftar SBMPTN, Ketahuilah... - JPNN.COM

Dengan perincian 269.838 peserta kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), 284.408 peserta sosial humaniora (soshum), dan sisanya 134.502 peserta campuran.

Ketua Umum Panitia SBMPTN Ravik Karsidi mengatakan, dari total jumlah pendaftar SBM PTN, ada 686.828 pelamar yang sudah cetak kartu ujian.

Tahun ini ujian tulis SBMPTN akan digelar dalam dua sistem, yakni ujian kertas dan berbasis komputer.

Ravik menjelaskan data sementara kuota peserta SBMPTN yang bakal ujian berbasis komputer ada 20.386 orang.

Sementara yang melaksanakan ujian konvensional berbasis kertas ada 666.452 orang. Data ini terus bergerak sampai masa pendaftaran resmi ditutup. Nantinya seluruh pelamar SBMPTN akan berebut kuota yang sudah ditetapkan. Panitia SBM PTN mengumumkan kuota sementara mahasiswa baru melalui jalur SBM PTN ditentukan sebanyak 128.085 orang.

Kuota ini berpotensi bertambah. Sebab biasanya ada luncuran sisa kuota dari saringan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

’’Kuota pasti SBM PTN nanti ketahuan saat pengumuman kelulusan,’’ kata pria yang juga rektor UNS itu.

Sesuai jadwal yang ditetapkan panitia, pengumuman kelulusan SBMPTN digelar pada 13 Juni pukul 14.00 WIB. Sebelumnya pelamar akan mengikuti ujian pada 16 Mei depan.

Terkait dengan peluang perpanjangan masa pendaftaran, Ravik mengatakan akan mengevaluasi hasil pendaftaran sore ini. Jika masih banyak pelamar yang sudah setor uang pendaftaran, tetapi belum tuntas proses input data di laman pendaftaran online.

Pengalaman SBMPTN 2016, panitia menetapkan ada masa perpanjangan pendaftaran. Tahun lalu pendaftaran SBMPTN sedianya ditutup pada 20 Mei 2016 pukul 22.00 WIB. Tetapi kemudian panitia mengumumkan perpanjangan hingga 22 Mei pukul 16.00 WIB.

Perpanjangan ini hanya diperuntukkan bagi pelamar yang sudah membayar uang pendaftaran, tetapi belum menuntaskan input data.

Ravik berharap masyarakat yang berniat melamar SBMPTN, memanfaatkan hari terakhir sebaik-baiknya. ’’Jika menemukan hambatan dalam proses pendaftaran, diharapkan langsung menghubungi call center panitia SBM PTN,’’ jelasnya. Call center resmi SBMPTN adalah 0804 1 456 456.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Intan Ahmad mengatakan, SBMPTN merupakan salah satu kesempatan bagi yang tidak lulus SNMPTN.

Dia berharap siswa yang sebelumnya tidak lulus SNMPTN tidak berkecil hati. ’’Sebab masih peluang masuk PTN melalui SBMPTN,’’ katanya.

Guru besar ahli hama ITB itu menjelaskan, pelamar haru cermat dalam memilih jurusan. Diantara triknya adalah menghindari pemilihan prodi atau jurusan yang peminatnya sangat banyak.

Supaya peluang diterimanya semakin besar. Menurut Intan siswa yang tidak lulus SBMPTN bukan berarti bodoh. Bisa jadi karena tingkat persaingannya yang sangat ketat. 
Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.jpnn.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Wahai Para Pendaftar SBMPTN, Ketahuilah..."

Posting Komentar