Selesai direkam, Mendikbud bakal sebar lagu Indonesia Raya tiga stanza

"Kita upayakan hafal tiga stanza. Karena ini masalah lagu nasional, terutama untuk upacara resmi kita berlakukan tiga stanza."

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana memopulerkan lagu kebangsaan Indonesia Raya versi utuh tiga stanza ke semua jenjang pendidikan di Indonesia. Hal itu menyusul rampungnya proses rekaman lagu ciptaan W.R. Soepratman di perusahaan rekaman musik legendaris Lokananta di Kota Solo, Kamis- Sabtu (18-20/5).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, ihwal rekaman di Lokananta ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Kebudayaan untuk memproduksi master CD lagu-lagu nasional yang dimulai dengan lagu Indonesia Raya tiga stanza.


"Perekaman ini bagian dari pembuatan master CD lagu-lagu nasional yang nantinya jadi panduan di sekolah. Nantinya pengiriman CD diprioritaskan ke wilayah terluar Indonesia," kata Mendikbud Muhadjir saat meninjau proses rekaman di studio Lokananta, kemarin.

Selain rekaman, Kemendikbud juga telah menerbitkan surat edaran untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di semua sekolah, dari SD, SMP, hingga SMA/SMK sejak April lalu. Teknisnya, lagu kebangsaan itu akan dinyanyikan tiap hari di dalam kelas, sebelum proses kegiatan belajar mengajar dimulai.

"Mulai tahun ajaran baru ini. Jadi secara pelan-pelan kita berlakukan tiga stanza, tapi untuk sementara satu stanza dulu. Diwajibkan tiap hari di dalam kelas, bukan di lapangan. Untuk dirigen nanti bergiliran, tidak dimonopoli satu orang, apalagi ketua kelasnya. Tujuannya, begitu tamat sekolah tiap anak sudah mempunyai pengalaman memimpin Indonesia Raya," ujar Muhadjir.

Menurut dia, Indonesia Raya tiga stanza itu merupakan satu rangkaian lagu yang tidak dapat dipisahkan satu stanza dengan stanza lainnya. Kendati yang populer di masyarakat adalah Indonesia Raya satu stanza.

"Kita upayakan hafal tiga stanza. Karena ini masalah lagu nasional, terutama untuk upacara resmi kita berlakukan tiga stanza. Kalau kita hayati betul, masing-masing stanza merupakan satu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Inilah salah satu sarana ikut ambil bagian memantapkan rasa kebangsaan, cinta tanah air, bela negara, dan pemahaman kepada pancasila," papar Mendikbud.

Berikut lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza karya W.R Soepratman:

Stanza I

Indonesia tanah airku,
Tanah tumpah darahku,
Di sanalah aku berdiri,
Jadi pandu ibuku.

Indonesia kebangsaanku,
Bangsa dan tanah airku,
Marilah kita berseru,
Indonesia bersatu.

Hiduplah tanahku,
Hiduplah neg'riku,
Bangsaku, Rakyatku, semuanya,
Bangunlah jiwanya,
Bangunlah badannya,
Untuk Indonesia Raya.

Stanza II

Indonesia, tanah yang mulia,
Tanah kita yang kaya,
Di sanalah aku berdiri,
Untuk s'lama-lamanya.

Indonesia, tanah pusaka,
P'saka kita semuanya,
Marilah kita mendoa,
Indonesia bahagia.

Suburlah tanahnya,
Suburlah jiwanya,
Bangsanya, Rakyatnya, semuanya,
Sadarlah hatinya,
Sadarlah budinya,
Untuk Indonesia Raya.

Stanza III

Indonesia, tanah yang suci,
Tanah kita yang sakti,
Di sanalah aku berdiri,
N'jaga ibu sejati.

Indonesia, tanah berseri,
Tanah yang aku sayangi,
Marilah kita berjanji,
Indonesia abadi.

S'lamatlah rakyatnya,
S'lamatlah putranya,
Pulaunya, lautnya, semuanya,
Majulah Neg'rinya,
Majulah pandunya,
Untuk Indonesia Raya.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari jateng.merdeka.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Selesai direkam, Mendikbud bakal sebar lagu Indonesia Raya tiga stanza"

Posting Komentar