Wakil Rektor UNM: Pendidikan Itu Ibarat Mi Instan

Siapa sih yang ngak pernah makan mi instan? Mi instan sudah menjadi salah satu makanan wajib bagi mahasiswa yang memilih untuk indekos. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa mi instan itu merupakan gambaran pendidikan.

Wakil Rektor IV Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Gufran Darma mengatakan, pendidikan layaknya mi instan. Itu disampaikan saat menjadi pembicara pada seminar nasional pendidikan bertajuk "Revolusi Pendidikan Wujudkan Generasi Emas 2045" yang diadakan komunitas laboratorium PGSD FIP UNM di Gedung Teater Pinisi UNM, Senin (1/5/2017).

Image result for mie instan

"Mi instan itu banyak variannya, sama halnya pendidikan, apa yang membedakan mi pada umumnya? Tentu rasanya bukan," tanya lelaki alumni Unhas ini.

Prof Gufran menganggap "mi" itu sebagai pendidikan dan "rasa" ia ubah menjadi tujuan pendidikan. Berbagai macam mi dengan varian yang berbeda, mulai dari kemasan, merek, hingga rasanya. Serta, memiliki kualitas yang berbeda pula. Sama halnya pendidikan.

"Kita memakan mi bukan hanya sekadar dibuka terus diseduh dengan air panas. Tidak banyak orang yang memerhatikan takaran, cara penyajian, dan komposisi pada kemasan belakang Indomie tersebut. Padahal semua itu memiliki makna tersendiri akan arti pendidikan," imbuhnya yang membuat peserta seminar merenungi kata-katanya.

Ia memperjelas kembali bahwa mi itu prototatif pendidikan. Tidak ada kata revolusi pendidikan, yang ada hanya perubahan paradigma, dan perilaku pendidikan.

"Cara mengelola mi, kenapa harus dipelajari? Karena itu ibarat mahasiswa memerhatikan tata cara pelaksanaan kuliah," ujar Prof Gufran.

Bukan hanya itu, kemasan dari setiap bungkusan mi juga harus diperhatikan. Ibaratnya setiap universitas yang tersebar di seluruh Indonesia memerhatikan bagaimana cara membentuk suatu produk.

"Jika setelah keluar nanti, lulusan setiap universitas sudah bisa menghasilkan sesuatu. Maka dari itu, untuk merevolusi pendidikan, ada di dalam diri kita. Bagaimana caranya kita berpikir kreatif dan bekerja keras untuk melahirkan sesuatu yang bermanfaat untuk bangsa, dan negara," terangnya.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.fajaronline.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Wakil Rektor UNM: Pendidikan Itu Ibarat Mi Instan"

Posting Komentar