Laporan Dana BOS Tak Valid, Sanksi Tegas Menanti!

Seluruh pengelola sekolah di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Bulungan, diimbau berhati-hati dalam menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Jika dalam pelaporannya tidak valid, sanksi tegas menanti. Tak tanggung-tanggung pengguna dana akan diminta mengembalikan dana yang penggunaannya tidak sesuai tersebut.

Penegasan itu disampaikan Kepala Disdikbud Bulungan H. Jamaluddin Saleh dengan mengacu pengalaman beberapa tahun lalu.

Image result for dana bos

“Ini pernah terjadi tahun 2015 lalu. Ada dua sekolah SD dan SMP yang diminta harus mengembalikan dana itu (BOS) karena tidak sesuai pelaporan,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Rabu (1/2).

Sehingga menurut pria yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Disdikbud Bulungan ini, harus dilakukan pencegahan agar kejadian 2 tahun lalu tak terulang lagi dengan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Daerah Barang Milik Daerah (Simda-BMD).

Lanjut dijelaskan, guna mengoptimalisasikan penggunaan Simda BMD, pihaknya melakukan rekonsiliasi kepada seluruh sekolah di bawah naungan Disdikbud Bulungan.

“Rekonsiliasi Simda BMD ini mengenai pelaporan pertanggungjawaban dana BOS,” sebut pria berkacamata ini.

Rekonsiliasi itu, sambung dia, merupakan tindak lanjut dari pertanggungjawaban dari setiap satuan pendidikan yang diberikan anggaran melalui dana BOS.

“Ini lah mau disosialisasikan agar penggunaannya tidak salah,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam penggunaan dana BOS, sekecil apapun peruntukannya tetap akan dipertanggungjawabkan sesuai dengan pengeluarannya. Dicontohkan, dalam pengadaan spidol, rehab kecil dan kebutuhan sekolah lainnya.

“Misalnya beli komputer. Spesifikasi harus dilaporkan beserta bukti pembayaran. Jika pelaporan tidak sesuai dan tidak valid maka ada sanksi mengembalikan. Misalnya ada kwitansi tapi tidak ada barang akan dikembalikan,” tegasnya.

Pria yang akrab disapa Jamal ini menambahkan, dengan menggunakan Simda BMD yang baru saja di-launching Januari lalu, pihak sekolah sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar serta tenaga untuk melaporkannya ke Disdikbud Bulungan dengan datang ke Tanjung Selor. “Jadi, sekolah tidak perlu lagi ke disdik. Pakai HP juga boleh,” bebernya.

Sebab, aplikasi  Simda BMD tersebut menerapkan sistem online. Sehingga pihak sekolah sudah bisa memasukkan laporannya secara online ke server. Hanya saja, setiap sekolah sudah memiliki jadwal tertentu untuk meng-input melalui user masing-masing sekolah.

“Rekonsiliasi ini data yang sifatnya valid yang akan dilaporkan ke pemerintah daerah, pada bulan Januari. Jadi kami mengharapkan kepada kepala sekolah dan operator agar lebih tepat waktu dalam pelaporan.” pintanya.

Lantas, bagaimana dengan penggunaan Simda BMD? Apakah sudah ada sekolah yang mengeluhkan sulitnya menginput laporan akibat keterbatasan jaringan khususnya di remote area?. Disinggung soal ini, Jamal tak menampik jika ada sekolah yang mengaku kesulitan terkait akses jaringan yang tidak memadai. Seperti di daerah Long Yin, Long Peleban di Kecamatan Peso. “Hanya saja saat waktu tertentu mereka ke kecamatan agar mendapatkan akses jaringan,” sebutnya.

Saat dtanyakan berapa jumlah anggaran yang dialokasikan untuk dana BOS tersebut. Dirinya menyebutkan alokasi yang dianggarkan melalui APBD Bulungan sekira Rp 16 miliar.

Anggaran Rp 16 miliar itu dibagikan dalam bentuk subsidi ke masing-masing sekolah dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD dan SMP. Pembagiannya akan diberikan secara proporsional sesuai dengan jumlah siswa di sekolah tersebut.

“Jadi, setelah dilaporkan ke Disdikbud, maka selanjutnya kami akan melaporkan kepada pemerintah daerah sebagai pertanggungjawaban kami,” pungkasnya.
Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari kaltara.prokal.co . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Laporan Dana BOS Tak Valid, Sanksi Tegas Menanti!"

Posting Komentar