OMBUDSMAN MEMINTA KEBERADAAN KOMITE SEKOLAH DIBUBARKAN

Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, rekan-rekan semua yang berada diseluruh Indonesia, Hari ini admin akan membagikan informasi mengenai Ombudsman Meminta agar Komite Sekolah Dihapus.
Ombudsman meminta agar keberadaan komite sekolah yang saat ini ada di setiap sekolah dibubarkan. Permintaan itu dikeluarkan menyusul komite sekolah kerap dijadikan sebagai alat untuk melakukan pungutan liar terhadap peserta didik.

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut), Abdyadi Siregar, mengatakan berdasarkan Pasal 181 Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pengelolaan Pendidikan, diatur tidak diperbolehkan adanya kutipan kepada siswa. Kutipan tersebut seperti menjual pakaian sekolah, uang les, atau uang buku. Namun belakangan, keberadaan komite sekolah dijadikan alat untuk melakukan kutipan tersebut, sehingga tidak mengatasnamakan sekolah.

Image result for komite sekolah

"Komite sekolah atau komite madrasah adalah lembaga mandiri yang beranggotakan orangtua atau wali peserta didik, komunitas sekolah, serta tokoh masyarakat yang peduli pendidikan. Fungsi utama mereka seharusnya memberikan masukkan dan pertimbangan kepada sekolah dalam mengambil kebijakan. Bukan justru mengamini kemauan sekolah. Misalnya, ada uang kutipan untuk ekstrakurikuler nanti dibilang sudah persetujuan seluruh anggota komite," papar Abyadi, belum lama ini.

Abyadi mengungkapkan, saat ini banyak orang yang mencari keuntungan dengan menjadi komite sekolah. Sehingga, komite sekolah cenderung menjadi pihak yang mengedepankan kepentingan-kepentingan 'jahat' pengelola pendidikan di sekolah.

"Ya dibubarkan saja. Sesuai aturannya komite sekolah itu dibentuk bila diperlukan. Kalau toh komite hanya menjadi alat bagi sekolah untuk melegitimasi kebijakan-kebijakan yang justru merugikan siswa didik, ya dibubarkan saja," pungkasnya.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari news.okezone.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "OMBUDSMAN MEMINTA KEBERADAAN KOMITE SEKOLAH DIBUBARKAN"

Posting Komentar