Mendikbud Ikut Tes Otak di Museum Tubuh

Mendikbud Muhadjir Effendy meresmikan The Bagong Adventure Museum Tubuh di Kota Batu, Jawa Timur. Pemukulan gong dan pemotongan pita menandai dibukanya wahana wisata syarat pendidikan tersebut.
Muhadjir menyempatkan diri berkeliling ke zona gigi, telinga, hidung dan spesimen tubuh manusia yang diawetkan. Lantaran mendekati waktu magrib, menteri asal Malang ini tidak dapat menyelesaikan kunjungannya ke seluruhan wahana berjumlah 16 zona di gedung enam lantai itu.

"Lain waktu bisa ke sini lagi, kita sambung lagi," kata Menteri Muhadjir berpamitan di Kota Batu, Sabtu (24/12).

Image result for mendikbud

Muhadjir dan rombongan berada di lantai 3 diarahkan menuju jalan keluar melewati lift turun. Namun, sepanjang langkahnya menuju lift, harus melewati zona otak dan hidung yang membuatnya tertahan.

Saat itu perhatiannya tertuju pada fasilitas pengujian otak kiri versus otak kanan. Petugas mencari relawan di antara rombongan menteri yang bersedia dites.

"Bagaimana kalau saya saja," kata Menteri Muhadjir sambil melangkah mendekati petugas di depannya. Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu juga mengikuti instruksi petugas tersebut.

Muhadjir diminta mempertemukan jari jemari kedua tangganya dan menunjukkan jempol tangannya. Karena jempol kanannya di atas, dianggap dominan menggunakan otak kiri.

Setelah itu diminta bersendekap melipat tangannya dengan posisi yang dianggap paling nyaman. Lengan kanan Menteri Muhadjir pun berada di atas seperti posisi saat salat, yang berarti juga dominan otak kiri.

"Artinya bapak dominan menggunakan otak kiri. Berarti orangnya teguh pendirian dan tipe prefeksionis," kata petugas memberikan penjelasan yang disambut tawa para rombongan.

Ternyata sikap serupa juga ditunjukkan oleh Walikota Batu Eddy Rumpoko yang saat ikut menjajal sikap dalam tes tersebut. Kontan seluruh rombongan tertawa lepas saat petugas mengatakan keduanya sebagai pekerja keras.

Tidak hanya sampai di situ, ternyata dua sikap tersebut memiliki kesimpulan akhir. Hasil tes Menteri Muhadjir dua-duanya dominan otak kiri dengan kesimpulan sebagai berikut:

"Berdedikasi, dingin, tipe prefeksionis. Sangat mengandalkan logika. Salah satu cara menenangkan hatinya yaitu melalui pikiran yang logis. Punya banyak kebanggaan, dan berkemampuan keras untuk melakukan semua hal dengan cara yang benar. Jika mereka adalah teman Anda, mereka sangat bisa dipercaya. Tetapi jika mereka adalah lawan Anda, maka mereka akan menjadi lawan yang tangguh. Mereka bisa menjadi sangat menyebalkan sebagai seorang yang prefeksionis, mereka cenderung meninggalkan kesan buruk untuk diajak bekerja sama saat pertama kali bertemu," demikian kesimpulannya.

Perlu diketahui, The Bagong Adventure Museum Tubuh merupakan bagian dari Jawa Timur Park Group. Wahana tersebut menempati tanah seluas 1.4 Ha dengan mempersembahkan museum bertemakan anatomi tubuh manusia.

Museum tersebut menyajikan pengalaman menyenangkan untuk belajar anatomi tubuh manusia. Semua disusun sebagai bentuk partisipasi bagi kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan biologi dan kedokteran.

"Ini ide gila, dalam arti membikin perubahan revolusioner dalam mendefinisikan makna wisata. Wisata itu tidak harus menghambur-hamburkan uang untuk mengejar kepuasan hiburan yang bersifat For Fun saja, tetapi juga hiburan yang bersifat rekreatif juga mendidik. Ini memperkaya Kota Batu sebagai destinasi wisata putih, tidak ada maksiatnya," kata Muhadjir.

Salah satu koleksi yang paling dibanggakan oleh Museum Tubuh adalah adanya spesimen manusia asli yang diawetkan dengan tehnik plastinasi yang dikembangkan oleh Prof. Gunther Von Hagen. Tubuh manusia plastinasi ini ditampilkan di ruang khusus yaitu ruang eksibisi. Koleksi ini merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.merdeka.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik


loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Mendikbud Ikut Tes Otak di Museum Tubuh"

Posting Komentar