5 Fakta Tentang Dewi Sartika, Tokoh Pendidikan Perempuan Indonesia

Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, rekan-rekan semua yang berada diseluruh Indonesia, Hari ini admin akan membagikan informasi mengenai R. Dewi Sartika
Indonesia tak hanya punya Raden Ajeng Kartini, tokoh wanita yang sangat peduli pada dunia pendidikan dan emansipasi wanita. Kita juga punya Raden Dewi Sartika yang juga dikenal sebagai pejuang yang berkonsentrasi pada kemajuan kaum Hawa. Perempuan kelahiran Cicalengka, Bandung pada 4 Desember 1884 ini berjuang demi pendidikan.

Pikirannya terbuka nampaknya berasal dari lingkungan dan pengajar pada saat dia disekolahkan orangtuanya dulu di sebuah sekolah Belanda. Melihat ketidakadilan dan tidak meratanya pendidikan, Dewi lantas bertekad untuk memperjuangkan hak kaum Hawa untuk mendapat pendidikan yang layak.

Dihimpun dari berbagai sumber, satu kontribusi Dewi Sartika yang membuat namanya kian harum, adalah merintis pendidikan bagi perempuan Indonesia. Lahir dari keluarga priyayi, Dewi Sartika termasuk anak yang bisa bersekolah di era kolonial Belanda. Sejak kecil, sosok yang ditetapkan menjadi pahlawan nasional di tahun 1966 ini memang punya perhatian di dunia pendidikan.

Anak dari pasangan Raden Somanagara dan Raden Ayu Rajapermas ini sudah mulai mengajar kaum wanita sejak tahun 1906 di lokasi sekitar rumah sang Ibu yang berada di daerah kota Bandung.

Selain Kartini, Dewi Sartika adalah salah satu wanita yang mendorong para wanita di Indonesia untuk mengenyam pendidikan. Berikut ini lima tentang Dewi Sartika yang punya jasa besar dalam perkembangan pendidika di Indonesia, terutama untuk kaum perempuan.






Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.bintang.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik


loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "5 Fakta Tentang Dewi Sartika, Tokoh Pendidikan Perempuan Indonesia"

Posting Komentar