RESMI,..... KURIKULUM SMK DIRESTRUKTURISASI

Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, Hari ini admin akan membagikan informasi mengenai Kurikulum SMK
Kurikulum pendidikan SMK akan direstrukturisasi dan disesuaikan dengan kompetensi dan kebutuhan industri. Untuk menopang hal itu, pemerintah telah berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana pendidikan kejuruan.

Untuk langkah awal untuk merestrukturisasi kurikulum SMK, lima menteri menandatangani nota kesepahaman pengembangan pendidikan kejuruan dan vokasi di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa 29 November 2016. Inti dari nota kesepahaman itu adalah mendorong siswa SMK agar lebih berperan dalam pembangunan yang digulirkan pemerintah.


Lima menteri yang menyatakan siap mendukung komitmen tersebut yakni, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, Menteri Perindustrian Airlangga Hartato, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Penandatanganan nota kesepahaman disaksikan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

"Kebutuhan industri akan tenaga kerja yang terampil dan memiliki kompetensi yang baik semakin tinggi. Apalagi di tengah era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), mempersiapkan lulusan yang kompeten dan siap kerja sesuai kebutuhan merupakan hal yang wajib. Untuk itu, pemerintah mendorong hal ini dengan menjalin komitmen bersama melalui penandatanganan nota kesepahaman,” ujar Puan.

Nota kesepahaman tersebut sudah direncanakan melalui berbagai pertemuan dan disepakati seluruh wakil kementerian. "Pembangunan industri yang utama adalah membangun manusia yang terampil dan siap bekerja dibidang industri karena ini akan meningkatkan daya saing," ujar Menperin Airlangga Hartato.

Ruang lingkup nota kesepahaman meliputi: (1) Membangun pendidikan kejuruan dan vokasi berbasis kompetensi. (2) Restrukturisasi program keahlian dan kurikulum sesuai kebutuhan industri. (3) Pembangunan infrastuktur fasilitasi industri untuk praktek kerja dan atau pemagangan bagi siswa dan guru atau dosen. (4) Fasilitasi industri mempersiapkan workshop dan infrastruktur.

"Lalu peningkatan kompetensi guru dan dosen melalui pemagangan di industri dan peningkatan kuantitas dan kualitas sarana prasarana pendidikan kejuruan. Tujuan ini untuk mendorong keterlibatan industri dalam pengembangan SMK," ujar Mendikbud Muhadjir.

Pemerintah juga telah mengikat kerja sama antara SMK dan perusahaan atau industri. Sebagai proyek rintisan, ada 3 perusahaan industri dan 20 SMK yang melakukan kerja sama.

Kerja sama ini merupakan perwujudan dari arahan Presiden Jokowi untuk memulai apa yang sudah dilakukan oleh bangsa lain bahwa pendidikan vokasi sangat penting untuk bisa mengejar program-program prioritas pemerintah.

"Saya harapkan tindak lanjut dari penandatanganan ini dapat dilakukan secara kompak seluruh kementerian sampai dengan di bawahnya. Karena seringkali para menteri sudah berkomitmen tapi ternyata di bawahnya tidak berjalan sesuai dengan harapan. Untuk itu harus terus berkoordinasi dan memegang komitmen tersebut," ujar Puan.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.pikiran-rakyat.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "RESMI,..... KURIKULUM SMK DIRESTRUKTURISASI"

Posting Komentar