METODE JIGSAW SANGAT MEMUDAHKAN SISWA

Menulis laporan masih membosankan bagi siswa. Laporan yang dibuat oleh siswa kadang pendek dan tidak lengkap. Ini terjadi karena data yang dimiliki siswa tidak lengkap. Ini bisa diatasi dengan model jigsaw.

Saya pernah mencoba model jigsaw pada materi pembelajaran menulis. Waktu itu, saya menjadi model mengajar praktik bagi guru bahasa Indonesia dari sekolah mitra USAID PRIORITAS di Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon, tepatnya kelas 8F SMPN 2 Plered. Guru-guru itu berasal dari SMPN 1 Plered, SMPN 2 Plered, SMPN 3 Plered, dan MTsN 2 Cirebon. Ternyata, dengan jigsaw belajar menulis menjadi sesuatu yang menarik bagi siswa.
Jigsaw Juga Mudahkan Siswa Menulis Karya Ilmiah

Pembelajaran pertemuan pertama dimulai dengan penjelasan alur kegiatan. Lalu dibentuk kelompok asal dengan anggota kelompok sebanyak lima orang. Jumlah ini sesuai dengan jumlah lokasi yang akan diobservasi oleh siswa, yaitu sejarah SMPN 2 Plered, perpustakaan, mushola, lapangan upacara, dan tempat parkir.

Setiap siswa dalam kelompok asal diberi tugas untuk mengumpulkan data terkait lima hal tersebut. Setiap siswa dibekali LK yang sesuai. Siswa diberi instruksi yang jelas terkait dengan apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya, apa yang harus dihasilkan, dan waktu untuk berkumpul kembali di kelas.

Siswa bertemu dengan kelompok ahli untuk mengumpulkan data sesuai dengan tugas yang diberikan kepadanya dari kelompok asal. Setelah selesai, siswa kembali ke kelas.

Pada pertemuan kedua, setiap siswa sudah memiliki data yang dibutuhkan. Siswa duduk di dalam kelompok asal. Pada setiap kelompok asal, sekarang sudah ada data tentang sejarah, perpustakaan, mushola, lapangan upacara, dan tempat parkir SMPN 2 Plered.

Setiap kelompok asal menyusun laporan sesuai dengan data yang sudah mereka miliki. Unsur/tempat yang dijadikan objek dijadikan sebagai penuntun pembuatan kerangka laporan. Dalam penyusunan laporan, siswa didorong mengembangkan karya tulis berdasarkan kreasi kelompok masing-masing.

Kunjung karya dilakukan dalam rangka saling mengoreksi karya kelompok masingmasing. Setelah kunjung karya, setiap kelompok menyunting laporan berdasarkan koreksi kelompok lain. Laporan dipajang untuk menjadi sumber belajar baru.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.prioritaspendidikan.org . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "METODE JIGSAW SANGAT MEMUDAHKAN SISWA"

Posting Komentar