Merangkai Kata Bahasa Inggris Lewat Metode Discovery Learning Ternyata Menyenangkan

Belajar Bahasa Inggris sering kali hanya berputar-putar di ruang kelas saja, padahal bahasa adalah media mengungkapkan semua hal yang ada di luar kita. Dengan metode discovery learning, saya berusaha mengajar siswa langsung bisa secara praktis berbahasa Inggris sederhana dimulai dari lingkungan sekitar. 

Dalam metode Discovery Learning bahan ajar tidak disajikan dalam bentuk akhir, siswa dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan menghimpun informasi, mengkategorikan, menganalisis, mengintegrasikan, mereorganisasikan bahan serta membuat kesimpulan. Guru berfungsi sebagai pemandu.

Berlatih Merangkai Kata Bahasa Inggri Lewat Metode <i>Discovery Learning</i>

Agar siswa kelas I SMP ini dapat mulai berbahasa Inggris tentang lingkungannya, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Pertama, siswa membentuk kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang; Kedua, guru menentukan tempat setiap kelompok: office (kantor), canteen (kantin), field (lapangan), dan toilet (WC). Masing-masing kelompok berpencar dan mencari benda-benda yang ada di tempat dituju: misalnya di kantin: gelas, mangkok, kue dan lain-lain. Demikian juga di tempat lainnya. Mereka langsung mencari kosa kata padanannya dalam bahasa Inggris lewat kamus yang mereka bawa dan dicatat di buku kecil.

Bukan sekedar menuliskan benda-benda yang didapatkannya dalam bahasa Inggris, setiap benda dibuatkan kalimat deskriptif yang menggambarkannya letaknya. Misalnya, there are glasses in the cabinet, the plate is near the cabin dan lain-lain. Oleh karena itu proses pembelajarannya mencakup dua hal: mencari benda-benda dahulu di tempat tersebut, yang kedua menggambarkannya dalam kalimat yang menunjukkan tempat benda itu berada.  Tiap kelompok kemudian mempresentasikan hasil menulisnya. Masing-masing kelompok ditugaskan minimal mencatat 7 kosa kata baru yang bisa dikembangkan dalam kalimat baru. 

Salah satu hasil karya siswa kelompok misalnya ketika mengamati kantor, mereka tulis tujuh kata benda yang mereka dapatkan disana. Kata tersebut adalah; table, chair, pen, computer, and lamp. Mereka uraikan masing-masing menjadi kalimat seperti berikut: there is a table beside a chair; there is  a pen in the pail dan lain-lain.  Beberapanya memang masih salah dan tugas saya sebagai guru adalah membimbingnya.

Kegiatan ini tanpa disadari membuat siswa mampu berbahasa Inggris mengungkapkan lingkungannya dengan baik. Dari awal mereka dikenalkan bahwa berbahasa inggris itu bukan sesuatu yang susah dan kompleks, tapi dimulai dari hal sederhana seperti kemampuan mengungkapkan benda benda di lingkungan kita sendiri. Walaupun pada saat awal mereka banyak membuat kesalahan.

“Saya sangat senang dengan pembelajaran seperti ini, ternyata saya tidak perlu menghayal untuk belajar bahasa Inggris. Cukup dengan membahasakan dahulu apa-apa yang ada di sekitar saya,” ujar Syahrir,

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.prioritaspendidikan.org . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Merangkai Kata Bahasa Inggris Lewat Metode Discovery Learning Ternyata Menyenangkan"

Posting Komentar