Menag: Pendidikan Islam Fokus Tiga Aspek Utama

Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, Hari ini admin akan membagikan informasi mengenai fokus pendidikan Islam.
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, visi pendidikan Islam ke depan adalah terwujudkan pendidikan Islam yang unggul, moderat dan menjadi rujukan dunia dalam integrasi agama, pengetahuan dan teknologi.

“Demi memastikan kualitas sumber daya manusia yang baik, maka Pendidikan Islam perlu fokus pada sedikitnya tiga aspek, yaitu kualitas pendidikannya, pembentukan akhlak murid yang baik dan budi pekerti yang luhur, serta pengembangan keterampilan mereka dalam berpikir tingkat tinggi”, ujarnya dalam kegiatan ekspose sejumlah studi tentang pendidikan Islam di Indonesia, di Jakarta, Kamis (24/11/2016).


Kegiatan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan Kemitraan Pengembangan Kapasitas dan Analisis Sektor Pendidikan (Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership / ACDP).

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Totok Suprayitno, mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kementerian Agama.

“Pendidikan Islam telah berhasil mengisi kekosongan layanan akan pendidikan bagi anak-anak kita di daerah terpencil, terpinggirkan, terluar, dan tertinggal. Tanpa dukungan Pendidikan Islam, maka tidak mungkin Wajib Belajar 12 Tahun dapat tercapai,” ujar Totok.

Totok merujuk pada kekuatan dan jangkauan Madrasah, yang telah memberikan layanan pendidikan umum dengan ciri khas Islam kepada anak-anak usia sekolah, dan melalui Diniyah Formal, pendidikan keagamaan Islam yang semula diselenggarakan secara non-formal kini telah menjadi formal sehingga dapat disetarakan dengan pendidikan umum.

“Saya juga mendukung sikap Menteri Agama yang sepenuhnya menyadari pentingnya kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi, sebagai keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini,” imbuhnya.

Hasil-hasil studi tersebut telah menjadi salah satu referensi strategis tidak hanya pada tataran perencanaan yaitu dalam mempertajam perumusan kebijakan Pendidikan Islam terutama dalam jangka menengah (RPJMN dan Renstra), tetapi juga pada tataran operasional, yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru Agama Islam di sekolah umum.

Di Indonesia ada 318.500 institusi pendidikan Islam dengan jumlah murid sebanyak 42 juta. Sebagai sub-sektor sistem pendidikan nasional, Pendidikan Islam saat ini memberikan layanan pendidikan kepada sedikitnya 66,6 juta murid di Indonesia dan menjadi kontributor besar bagi total kepesertaan pendidikan secara nasional.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.netralnews.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Menag: Pendidikan Islam Fokus Tiga Aspek Utama"

Posting Komentar