Cara Belajar Asyik......Seismograf Sederhana untuk Belajar Gempa

Nunung, guru kelas V SDN Hegarmukti I, menjelaskan bahwa setelah minggu lalu siswa belajar mengidentifikasi gejala alam dan bencana yang terjadi di Indonesia, hari itu siswa akan belajar membuat alat pendeteksi gempa dari bahan sederhana. “Topiknya terkait kompetensi dasar memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya,” kata Nunung.

Alat dan bahan yang digunakan adalah kayu dan papan untuk rangka dan alas, tali rafia, botol bekas air mineral ukuran 600ml yang diisi kerikil atau pasir, spidol kecil, jarum, kertas, dan pisau. Langkah pembuatan seismograf sebagai berikut: 

Seismograf Sederhana untuk Belajar Gempa

1) buat rangka penyangga dan alas dari kayu; 2) lubangi tutup botol bekas sehingga bisa dimasukkan spidol; 3) lubangi juga bagian bawah botol lalu masukkan tali; 4) isi botol dengan kerikil, lalu tutup kembali; 5) gantung botol dengan spidol ke bawah, tepat di atas alas kertas HVS putih.


Cara kerja seismograf ini sederhana. Ketika terjadi guncangan atau gempa, getarannya akan mengayun botol berisi kerikil. Ujung botol yang sudah dipasangi spidol akan berayun bolak-balik membentuk garis-garis. Semakin besar getaran akibat guncangan tersebut, maka semakin panjang garis yang terbentuk. Pola garis-garis bentukan spidol itu mencerminkan tingkat skala gempa. Melalui seismograf ini, siswa bisa belajar secara konkret tentang gempa. 

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.prioritaspendidikan.org . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Cara Belajar Asyik......Seismograf Sederhana untuk Belajar Gempa"

Posting Komentar