Aku Buat Kartunya dan Aku yang Buat Aturannya. Asyik....

Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,, rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, Hari ini admin akan membagikan informasi mengenai tips atasi masalah siswa dalam pembagian dan perkalian.
Untuk mengatasi masalah kemampuan perkalian dan pembagian siswa kelas 7, saya berinisiatif melatih siswa dengan melakukan permainan kartu perkalian dan pembagian. Tahap awal, saya membagi 45 siswa kelas 7B dalam kelompok kecil dengan anggota 4-5 siswa. Setiap kelompok menerima seratus lembar kartu kosong. Kemudian ketua kelompok membagi tugas kepada anggotanya untuk menuliskan perkalian bilangan antara 1 sampai 10 tanpa ada hasil perkaliannya (untuk lima kelompok) dan lima kelompok lain membuat soal pembagian di bawah seratus. Setelah 20 menit, kartu yang sudah dibuat dikumpulkan dan dikocok secara acak.

Image result for perkalian dan pembagian

Related image

 Aku Buat Kartunya, Aku Buat Aturannya. Asyik..

Tahap kedua, selama 15 menit tiap kelompok merancang sebuah bentuk permainan yang dianggap menarik, kemudian menuliskan aturan permainannya pada selembar kertas HVS. Tahap ketiga, selama 15 menit kelompok mengadakan simulasi permainan kartu sebelum dipresentasikan di kelompok lain. Selanjutnya, selama 15 menit ketua kelompok membawa kartunya pada kelompok lain dan mempresentasikan penggunaan kartu yang dimilikinya, kemudian dicobakan pada kelompok yang dikunjungi. Tahap keempat, permainan kartu berakhir tiap siswa kembali pada kelompoknya.

Suasana menjadi ramai dan menyenangkan ketika permainan ini dicoba. Berbagai strategi dimunculkan siswa, ada yang berpasangan, ada juga yang berkelompok. Salah satunya yang dilakukan Uli Andani, Ofita, Siti Mangunah dan Siti Khafsoh. Permainan yang diciptakan Andani dan kelompoknya ialah membuat pertanyaan sebanyak-banyaknya dan digilir dari pemain satu ke pemain yang lain. Yang giliran mendapat permainan membuat pertanyaan dan yang pertama menjawab sesuai giliran berhak untuk menaruh kartu yang dipegangnya.

Ada juga kelompok berpasangan yang bermain cepat-cepatan dalam menjawab dan menghabiskan kartu yang dipegangnya. Semakin cepat dan benar jawabannya, kartu yang dipegangnya akan habis dan menjadi pemenang.

Pembelajaran ini tidak hanya dilakukan dalam kelas saat itu. Saya dan siswa juga membuat komitmen bersama untuk melakukannya di sela-sela waktu kosong, baik istirahat, pergantian jam, maupun di rumah. Bentuk penilaian juga berkembang menjadi progres setiap pembelajaran matematika berlangsung. Siswa yang belum maksimal dalam memahami operasi bilangan saya minta sering bermain kartu ini dan mereka senang melakukannya.

Tahap terakhir, semua siswa menulis jurnal refleksi dari pembelajaran yang berlangsung. Di luar dugaan, yang tadinya 90 persen siswa tidak suka pelajaran matematika, setelah selesai pembelajaran seratus persen siswa menyatakan sangat suka pelajaran matematika. Alasannya, matematika itu asyik dan menyenangkan. Siswa kompak bertanya, ”Besok pelajarannya apa lagi ya, Bu? Apa yang harus saya lakukan untuk menyiapkannya?”

Sejak itu saya selalu dijemput siswa setiap ada jam pelajaran matematika. Selama dua minggu, setiap ada waktu istirahat saya melihat adanya permainan kartu tersebut di dalam kelas. Hal ini menunjukkan bahwa minat dan motivasi belajar matematika pada siswa kelas 7 mulai tumbuh. Tinggal menjaga dan memupuk kemauan mereka menjadi modal utama dalam mencapai keberhasilan belajar matematika.

Setelah dua minggu, 80 persen siswa mempunyai nilai di atas 60 pada ulangan harian pertama. Ternyata, ketika membuat sendiri kartunya dan menciptakan sendiri aturannya, mereka lebih merasa memilki pemainan ini. Saya lihat mereka terus mengembangkan model dan strategi bermainnya. *

* Penulis dan pelaku: Agung Sumaryati, S.Pd, guru Matematika MTs Negeri 2 Banjanegara dan fasilitator USAID PRIORITAS Kabupaten Banjarnegara

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari www.prioritaspendidikan.org . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Mohon Dishare agar semua rekan - rekan kita tahu

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Aku Buat Kartunya dan Aku yang Buat Aturannya. Asyik...."

Posting Komentar