OPERASIONAL PAUD DIBANTU Rp. 11, 2 MILIAR

Assalamualaikum... Selamat Pagi Rekan Rekan. Dana bantuan operasional pendidikan sebesar Rp 11,232 miliar diserahkan untuk operasional program pendidikan usia dini (PAUD). Dana itu diberikan kepada 618 PAUD yang sudah terdaftar resmi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

PAUD yang berhak adalah yang memiliki siswa didik minimal 12 anak usia 4-6 tahun, dan sudah didaftarkan sebagai lembaga resmi pendidikan usia dini. Setiap anak mendapatkan bantuan Rp 600.000 per tahun. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Karanganyar, Sutarno mengatakan, dana itu 50 persen untuk penyediaan sarana dan prasarana belajar mengajar, 35 persen untuk tambahan kegiatan pendamping dan kegiatan pendukung, serta 15 persen untuk perawatan sarana dan prasarana. ”Saat ini di Karanganyar ada 18.720 siswa PAUD yang terdaftar resmi. Mereka mendapatkan alokasi dana operasional dari Rp 7,2 juta sampai yang terbesar Rp 31,8 juta, tergantung jumlah murid,” kata dia saat sosialisasi penyerahan dana operasional PAUD tersebut, Rabu (12/10).

Image result for guru paud

Dikatakan, masih ada 296 PAUD yang sampai sekarang belum mendapatkan dana bantuan operasional karena belum terdaftar resmi, atau karena memang jumlah siswanya belum memenuhi syarat minimal.

Akan Diusulkan

Jika mereka sudah memenuhi syarat dan terdaftar, mereka akan diusulkan mendapatkan alokasi dana bantuan pada tahun anggaran 2017 mendatang. Karena itu, pihaknya mendorong pengelola untuk proaktif. Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan, saat ini perhatian kepada pengelola PAUD sudah mulai tampak.

Keberadaan PAUD dianggap memiliki nilai penting untuk meletakkan dasar pendidikan, karena yang diterima siswa di usia tersebut akan melekat terus sampai dewasa. ”Karena itu, saya minta guru PAUD mengerti betul usia anak didiknya adalah usia bermain. Jangan memberikan beban yang memberatkan, karena akan berakibat anak tidak berkembang sisi intelektualnya disebabkan beban yang diterima tak sesuai usianya. Tidak usah memberi pekerjaan rumah (PR), tidak perlu diajari menulis membaca berlebihan, cukup bermain dan dipuji.” Dikatakan, pihaknya akan memikirkan kesejahteraan guru PAUD melalui biaya operasional sekolah daerah (Bosda), karena selama ini guru PAUD memang hampir tidak pernah mendapatkan alokasi bantuan.

”Kebetulan sekarang ada 1.069 tenaga guru dan PNS Pemkab Karanganyar yang diambil alih ke pemerintah pusat dan provinsi. Diharapkan, akan ada kelebihan dana alokasi umum (DAU), sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan guru PAUD,” kata dia.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang kami lansir dari berita.suaramerdeka.com . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "OPERASIONAL PAUD DIBANTU Rp. 11, 2 MILIAR"

Posting Komentar