MENPAN ASMAN ABNUR AKAN MEMBENTUK BANK APARATUR

Pemerintah berencana melakukan integrasi lembaga-lembaga diklat di bawah kementerian/lembaga yang jumlahnya cukup banyak. Salah satu tujuannya untuk membentuk bank aparatur, yang memudahkan instansi pemerintah mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) sesuai kompetensi yang dibutuhklan. “Adanya bank aparatur akan memudahkan instansi pemerintah‎ mencari ASN sesuai kebutuhan. Orang dapat mencari ASN dengan berbagai kompetensi ada disini,” jelas Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur saat Upacara Pelepasan Peserta Diklatpim Tingkat I Angkatan XXXIII Tahun 2016 di Lembaga Administrasi Negara (LAN), Jakarta, Senin (03/10).

Langkah ini, menurut Asman, dilakukan untuk memudahkan dari sisi administrasi maupun efisiensi anggaran. Selain lembaga diklat, hal serupa juga akan dilakukan untuk sekolah kedinasan yang ada di bawah K/L. Saat ini ada tujuh sekolah kedinasan, yakni PKN STAN, IPDN, STTD, AIM dan Poltekip, STIS, STMKG, dan STSN. Mulai tahun 2016, untuk kali pertama pendaftaran ketujuh sekolah kedinasan itu dilakukan secara terintegrasi.

Image result for asman abnur pidato

Keberadaan lembaga diklat maupun sekolah kedinasan tersebut pada dasarnya dibentuk untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi ASN khususnya PNS. Karena itu, seluruh dillat dan sekolah kedinasan yang ada harus diintegrasikan, agar mata ajar yang disampaikan senafas dengan kebijakan reformasi birokrasi, mengingat tantangan birokrasi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan dan pembangunan semakin kompleks dan penuh dengan tantangan.

Dalam kesempatan itu, Menteri mengajak para lulusan Diklatpim menjadi motor penggerak di lingkungan kerja maisng-masing instansinya. “Yang lulus Diklatpim ini sebagai pemimpin pada unit kerja di lingkungan masing-masing harus menjadi motor penggerak perubahan bagi organisasi,” ujar Menteri Asman, seraya menambahkan bahwa perubahan yang berasal dari pimpinan akan lebih cepat berpengaruh bagi lingkungannya.

Kepala LAN Adi Suryanto menambahkan bahwa untuk meningkatkan daya saing dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menciptakan proyek perubahan berupa inovasi. Diklatpim yang diselenggarakan LAN mewajibkan peserta untuk memiliki inovasi dalam lingkungan kerjanya. “Sudah ribuan inovasi yang tercipta berkat diklatpim,” ujarnya.

Menurutnya, Diklatpim merupakan langkah awal untuk memulai dan mengimplementasikan proyek perubahan yang digagas. Diklat ini diharapkan membentuk sosok ASN yang memiliki inovasi dan kreativitas, serta mampu melakukan reformasi birokrasi sebagai bagian dari perbaikan sistem dalam pemerintahan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan yang kami lansir dari www.menpan.go.id . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "MENPAN ASMAN ABNUR AKAN MEMBENTUK BANK APARATUR"

Posting Komentar