Guru TK dan PAUD Laporkan Pungli di Dinas Pendidikannya.... Bagaimana dengan anda? Berani ?

Selamat datang di Website kami para Sahabat Guru. Informasi yang akan kami sampaikan kali ini adalah tentang guru - guru hebat dan pemberani. memperjuangkan hak dan melaporkan kebathilan. Forum Pemantau Independen (Forpi) Kabupaten Bantul mensinyalir adanya pungutan liar (pungli) yang terjadi pada guru Taman Kanan-kanak (TK) dan Pendidikan Usia Dini (PAUD) penerima tunjangan sertifikasi.

Ketua Forpi Bantul Irwan Suryono mengatakan, dugaan pungli tersebut dilaporkan oleh beberapa guru yang keberatan dengan  ‘sumbangan’ siluman. Uang itu disebut sebagai dana syukuran kepada oknum pejabat Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal (Dikmenof) Kabupaten Bantul. Besaran dana syukuran bervariasai, mulai Rp 100.000 hingga Rp 200.000 dan sudah berlangsung lama seiring dengan cairnya dana sertifikasi.

Image result for guru tk paud uang

Menurut Irwan, para guru penerima sertifikasi menyatakan memberikan amplop yang ditujukan pada Kepala Seksi (Kasi)
dan Kepala Bidang (Kabid) di bidang pendidikan non formal. “Kami sudah meminta klarifikasi kepada PNS bersangkutan, dan
masing-masing menyatakan tidak menerapkan sumbangan syukuran yang dimaksud. Tetapi kami tetap akan menindaklanjuti laporan dan klarifikasi ini ke Bupati Bantul,” katanya, Rabu (19/10).

Diketahui, tiga pejabat di bidang pendidikan non formal telah memenuhi panggilan Forpi untuk memberikan klarifikasi pada Selasa (18/10). Tiga PNS tersebut, Kabid Pendidikan Non Formal Catur Retno W, Kasi TK Dikmenof, Retno Wulandari, dan Kasi PAUD Dwijono Hartanto, membantah adanya dana syukuran. Dwijono Hartanto mengatakan tidak mengetahui adanya pungutan tersebut. Dia mengaku baru mengetahui hal tersebut dari Forpi.

Menanggapi itu, Kepala Pendidikan Menengah dan Non Formal (Dikmenof) Kabupaten Bantul, Masharun Ghozali mengatakan, pihaknya segera mengklarifikasi bawahannya sekaligus menegaskan tidak ada praktik pungutan di dinasnya. “Saya bahkan baru dengar. Tidak ada pungli dalam bentuk apa pun di dinas saya,” katanya.


Terima kasih telah mengunjungi laman kami dan semoga informasi yang diperoleh bermanfaat

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "Guru TK dan PAUD Laporkan Pungli di Dinas Pendidikannya.... Bagaimana dengan anda? Berani ?"

Posting Komentar