JIKA DAU DITUNDA MAKA GAJI PNS DIRAPEL

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Utara, Drs Isa Anshari, menyatakan, penundaan pembayaran Dana Alokasi Umum (DAU) untuk Aceh Utara, tidak akan menghambat pembangunan di kabupaten tersebut. Sebab, peruntukan dana tersebut untuk gaji para pegawai negeri sipil (PNS), bukan untuk pembangunan fisik.
“Tidak akan menghambat pembangunan di Aceh Utara, karena peruntukan dana tersebut untuk gaji pegawai di Aceh Utara, bukan untuk pembangunan fisik. Jika terjadi penundaan pembayaran DAU, gaji pegawai akan dibayar secara rapel nantinya,” kata Sekda Aceh Utara, Isa Anshari kepada Serambi, Minggu (4/9).

Image result for gaji guru

Pernyataan itu disampaikan Isa Anshari terkait rencana penundaan pembayaran DAU untuk Aceh Utara sebesar Rp 61 miliar lebih, jatah empat bulan mulai September hingga Desember 2016.
Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaaan Daerah (DPKKD) Aceh Utara M Nasir mengatakan, penundaan tersebut diduga karena serapan dana alokasi khusus dan otonomi khusus masih rendah. Salah satunya terlambat pembayaran alokasi dana desa kepada 852 desa di Aceh Utara.
Untuk diketahui, dana untuk 852 desa di Aceh Utara tahun ini mencapai Rp 627,3 miliar. Yang bersumber dari APBN sebesar Rp 498 miliar, selebihnya dari APBK Aceh Utara, yang meliputi Alokasi Dana Gampong RP 107 miliar, dana bagi hasil pajak dan retribusi daerah Rp 2,3 miliar, dan bantuan keuangan gampong Rp 20 milliar.
“Persoalan penundaan DAU itu karena Pemerintah Pusat sedang kekurangan anggaran. Sebab lain karena daya serap anggaran di Aceh Utara masih rendah. Misalnya penyaluran dana desa yang terlambat, sehingga baru dapat disalurkan pada Agustus, padahal seharusnya April,” kata M Nasir.
Menurut Kepala DPKKD Aceh Utara, M Nasir, rencana penundaan itu dilakukan kementerian keuangan sebagai pemberitahuan awal, untuk mengantisipasi jika nanti terjadi kekurangan dana di pusat. Tapi jika tidak, kemungkinan dana tersebut akan ditransfer nanti. “Ini bukan pemotongan tapi penundaan, artinya ketika sudah ada, akan ditrasfer,” katanya.
Disebutkan, DAU akan digunakan untuk pembayaran gaji pegawai di Aceh Utara yang mencapai 11.800 orang. “Penggunaan DAU itu untuk gaji pegawai, jika masih tersedia akan digunakan untuk operasional kantor. Jadi ke depan untuk operasional kantor, kemungkinan akan ditiadakan, jika DAU itu tak ditransfer sesuai jadwalnya,” katanya.
Untuk mengantisipasi terjadi penundaan tersebut, pihaknya akan duduk bersama DPRK untuk membahas persoalan tersebut dan akan menyampaikan hal itu kepada kementerian keuangan, sehingga dana itu tidak ditunda. “Kita akan surati Kementerian Keuangan nanti,” pungkas M Nasir.

Demikian informasi yang kami sampaikan . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!
Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "JIKA DAU DITUNDA MAKA GAJI PNS DIRAPEL"

Posting Komentar