JAGO MENGENKRIPSI DATA? AYO JADI PNS

Ada kesempatan menarik bagi tamatan perguruan tinggi negeri (PTN) yang lulus dengan predikat cum laude. Kini, pemerintah menyiapkan formasi pengadaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang dikhususkan untuk menjaga keamanan data melalui informasi teknologi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengatakan, pemerintah saat ini gencar menerapkan e-government. Kebijakan itu pun memerlukan tenaga-tenaga yang jago di bidang enkripsi untuk menjaga kerahasiaan data.

Image result for menpan rb asman

"‎Pemerintah saat ini tengah gencar melaksanakan e-government. Ini perlu dibarengi dengan keamanan informasi dalam menjaga kerahasiaan data,” katanya, Kamis (15/9).

Lebih lanjut Asman mengatakan, pemerintah memang memerlukan lebih banyak PNS yang memiliki kemampuan di bidang enkripsi karena tenaga yang disediakan Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) masih belum mencukupi. “Karena itu butuh PNS yang memiliki keahlian enkripsi. Lemsaneg punya itu, hanya jumlahnya masih kurang," tuturnya.

Asman menambahkan, SDM Lemsaneng yang menguasai bidang enkripsi harus diperbanyak. Itu sebabnya, pemerintah akan memberikan formasi CPNS bidang enkripsi‎ ini untuk memperkuat peran Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg).

"Formasi‎ ini saya berikan kepada lulusan terbaik seluruh PTN di Indonesia. Saya yakin, CPNS dari lulusan yang cum laude akan mudah beradaptasi dan memajukan Lemsaneg," ucapnya.

Selain itu Asman mengatakan, keberadaan Lemsaneg semakin penting dalam  menjaga kerahasiaan data pemerintah. Terlebih, teknologi saat ini berkembang pesat dan penggunanya pun semakin banyak.

Namun, semakin tinggi teknologi kian besar ancaman yang dihadapi. ‎ "Negara harus mampu menghadirkan keamanan dan menjamin kerahasiaan negara dengan produk sendiri. Kita tidak boleh mengandalkan produk luar karena keamanan dan kerahasiaan negara tidak bisa terjamin," jelasnya.

Tahun ini pemerintah mengusulkan formasi CPNS dari jalur umum sebanyak 13 ribu orang khusus instansi pusat. Dari jumlah tersebut, 2000 di antaranya dikhususkan bagi lulusan perguruan tinggi dengan predikat cum laude.

Demikian informasi yang kami sampaikan yang dilansir dari www.jpnn.com. Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!
Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik

loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "JAGO MENGENKRIPSI DATA? AYO JADI PNS"

Posting Komentar