AHLI WARIS PNS TERIMA UANG SANTUNAN Rp 350 JUTA

Assalamualaikum selamat datang di website kami. informasi yang akan kami sampaikan ini mengenai santunan. 
Selain mendapatkan Jaminan Pensiun dan Jaminan Hari Tua, kini Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) mendapatkan Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Bahkan pembayaran santunan kematian akibat kecelakaan kerja yang diterima ahli waris ASN mencapai hingga Rp 350 juta Hal tersebut disampaikan Direktur Kompensasi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN) Wakiran, saat menggelar Sosialisasi Perundang-undangan Bidang Kepegawaian Kota Tegal 2016, di Ruang Adipura, Kamis (22/9).

Image result for UANG

Dia menjelaskan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 70 Tahun 2015 tentang JKK dan JKM bagi ASN, besaran iuran sebesar 0,24 dari gaji untuk JKK, dan 0,30 dari gaji untuk JKM.

Iuran dibayarkan oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Belanja Pendapatan Negara (APBN) yang dikelola PT Taspen. PP tersebut, kata dia, sebagai tindak lanjut dari UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan PP12 Tahun 1981 tentang perawatan, tunjangan cacat dan uang duka ASN yang sudah tidak sesuai dengan perkembangan kebijakan.

JKM Rp 15 Juta

Untuk biaya santunan JKM, ditetapkan sebesar Rp 15 juta, uang duka sebesar 3 kali gaji terakhir, beasiswa ahli waris Rp 15 juta, dan biaya pemakaman Rp 7,5 juta.

Sementara biaya santuan JKK meliputi santunan kecelakaan kerja sebesar 100% gaji terakhir sampai mampu bekerja kembali, santunan cacat sebagian 70% dari 80 bulan gaji terakhir, cacat tetap sebesar 70% dari 80 bulan gaji terakhir plus santunan berkala Rp 250.000 sampai 24 bulan, dan penggantian gigi tiruan Rp 3.900.000.

Sementara untuk santunan kematian 60% dari 80 bulan gaji terakhir, uang duka tewas 6 kali gaji terakhir, biaya pemakaman Rp 10 juta, dan beasiswa dari Rp 15 juta-Rp 45 juta sesuai tingkat pendidikan anak. Ia merincikan, jika gaji ASN sekitar Rp 5 juta, maka ahli waris dari PNS dari peserta JKK yang mengalami kecelakaan kerja dan meninggal akan menerima santunan hingga Rp 350 juta.

”Santunan kematin kerja 60% x 80 x gaji terakhir, uang duka 6 x gaji terakhir, biaya pemakaman Rp 10 juta, dan beasiswa pendidikan anak SD Rp 45 juta. Kalau dalam simulasi misal gaji PNS 5.620.300, maka yang bisa diterima ahli waris hingga Rp 358.496.200,” kata dia.

Kepala BKD Kota Tegal Irkar Yuswan Apendi mengatakan, untuk Kota Tegal sendiri sudah berjalan sejak 1 Januari 2016. Sedikitnya ada 4.561 PNS yang sudah tercover menjadi peserta JKK dan JKM. ”Untuk biaya premi dari APBD dan sudah berjalan sejak awal tahun,” imbuh Irkar.


Demikian informasi yang kami sampaikan . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!

Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "AHLI WARIS PNS TERIMA UANG SANTUNAN Rp 350 JUTA"

Posting Komentar