5 TIPE GURU YANG PALING DIBENCI SISWA DAN SANGAT BIKIN BOSAN

Beda pelajaran, beda guru, beda cara mengajarnya. Dari sekian banyak tipe-tipe guru dalam mengajar, beberapa darinya pasti ada yang bikin ngantuk. Percaya deh, dapet pelajaran dari 5 tipe guru ini enaknya tidur aja, bro!

Suka Ngajar Pakai Power Point/Video

Apa yang salah sama guru yang ngasih pelajaran di kelas pakai bahan yang ada di power point atau berupa video? Toh sama-sama nyampein ilmu, iya nggak sih? Tapi baca dulu deh sampai kelar, pasalnya ada guru yang dateng-dateng udah bawa laptop sendiri, langsung hidupin proyektor LCD dan baru jelasin. Kelebihannya emang efisien, tapi nggak tau kenapa ya, kalo isi power pointnya nggak pernah diapdet, materinya sama itu-itu aja, guru yang begini nih, yang bikin bosen.


Murid biasanya disuruh mantengin layar terus menerus, nggak ada interaksinya. Bahkan karena nggak perlu corat-coret lagi di papan tulis, nggak ada jeda narik nafas bagi para murid. Gurunya cuman duduk sambil jelasin ini itu. Kemudian ada titah, bahwa semua murid disuruh mencatat apa yang baru saja disampaikannya, padahal minta materi ppt/video tadi sepertinya nggak masalah. Tapi ya udah, setiap pengulangan begitu, murid jadi ngantuk.

Besok-besok, kerjaan kita cuman mantengin layar. Nggak jarang, ada yang diem-diem milih tidur, tuh! Bukan karena apa-apa, karena gurunya nggak merhatiin murid tapi merhatiin slide demi slide materinya. Kan cuman duduk manis gitu, nggak seru!

Demennya Cerita

“Saya kemarin itu ...”

“Waktu itu saya pernah ...”

Dan bla bla bla lainnya.

Udah otak capek mikir, angin dari jendela sepoi-sepoi, ditambah lullaby lagi! Duh! Enaknya tinggal tidur kan ya? Rasanya dengerin cerita guru waktu jam pelajaran itu emang kayak lagi dengerin lullaby, pengennya merem aja. Apalagi guru yang cerita suaranya kecil, halus lagi. Beuh! Jadi makin semangat buat pejamin mata aja kan!

Nyuruh Muridnya Baca Buku Sendiri

Nah! Yang begini nih!

“Kalian buka halaman sekian ya, saya mau nyelesaiin ini dulu.”

Waktu bapak/ibu guru ini punya tugas seabrek, nggak jarang kan mereka nyuruh kita untuk baca buku sendiri. Orang perhatiin yang ngomong aja kadang bikin ngantuk banget, ya apa lagi ini yang disuruh mantengin tulisan-tulisan di buku. Kalau mata udah kerasa pedes, rasanya pengen banget nih nempelin kepala ke meja, trus ditinggal merem deh.

Guru gaji Buta

Bisanya, ada guru yang suka nyuruh murid lain buat nulis materinya di papan tulis. Terus pas yang lain nyalin tulisan, si murid bakal nyalin kapan? Terus gurnya ngapain?

Kasus begini biasanya terjadi pada siswa yang menyandang gelar Sekretaris kelas. Siswa ini bakal disuruh catetin materinya di papan tulis, baru kita yang masih duduk di bangku, disuruh nyalin sendiri ke buku catetan. Kalau materinya sedikit sih ya no problem, tapi kalau banyak. Hm, jangan ditanya deh. Tangan rasanya udah nggak bisa buat digerakin lagi kalau begitu. Ya kan?

Trus saat kita lelah dengan pekerjaan ini, sang guru cuman leyeh-leyeh sambil kepala ditaruh ditangan. Kurang meremnya aja tuh!

Moderator!

”Yap, kalian diskusi sendiri ya, nanti ditulis trus dikumpulkan hasilnya.”

Nggak beda jauh sama tipe guru yang sukanya nyuruh baca buku sendiri, guru tipikal moderator diskusi_hmm kurang tepat karena modeartor betulan kadang masih mau bikin diskusi jadi berjalan asik dan bahkan suka nyatet kesimpulannya, tapi yang ini mah, un-modeatoring, cuma memandu abis itu pergi.

Kita cuma disuruh cari referensi materi yang lagi dibahas, trus udah gitu disuruh nulis hasil diskusi dari referensi tadi. Udah!

Nggak sedikit kan, yang kalau belajar dengan cara begini, kita nggak bakal ngeh sama materi yang baru dibahas. Hasil diskusi tiap-tiap orang kan nggak semua sama, nanti materi mana dong yang harus kita pelajari? Yang mana yang paling bener?

Kalau lagi bejo, pas kita lagi tidur, guru nggak akan tahu. Tapi ya kalau pas lagi apes-apesnya kita, kena deh tuh! Minimal sih paling cuman disuruh cuci muka biar seger, katanya. Kalau paling parah sih, hm, masuk BK kali ya?


Demikian informasi yang kami sampaikan . Silahkan like fanspage dan tetap kunjungi situs kami di www.kompasnesia.com. Kami akan selalu memberikan berita terbaru, terhangat, terpopuler, dan teraktual yang diperoleh dari berbagai sumber yang terpercaya. 

Terima Kasih atas kunjungan anda Semoga informasi yang kami sampaikan ini bermanfaat dan terima kasih. Untuk info terbaru lainnya silakan kunjungi laman DISINI..!
Baca juga informasi terkait di bawah yang juga sangat menarik
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "5 TIPE GURU YANG PALING DIBENCI SISWA DAN SANGAT BIKIN BOSAN"

Posting Komentar