TAMAN YANG MENYENANGKAN BUKTI PENDIDIKAN YANG MERDEKA

Peringatan HUT ke-71 Republik Indonesia (RI) menjadi refleksi terhadap pembangunan di Tanah Air, termasuk bidang pendidikan. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu janji kemerdekaan yang tertuang dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Bagi Anies Baswedan, pendidikan yang merdeka adalah gerakan sekolah sebagai taman yang menyenangkan. Dia menegaskan, bukan berarti sekolah menjadi tempat bersenang-senang, tetapi bagaimana membuat siswa menjadi cinta belajar. "Sekolah adalah taman yang menyenangkan, tetapi ada tantangannya. 

Anies Baswedan (Foto: Dok. Okezone)

Kalau itu terjadi, maka yang muncul adalah kecintaan pada belajar. Kalau seorang anak cinta belajar, dilepas juga akan belajar terus. Mereka merasakan kebahagiaan, di mana belajar itu adiktif," tuturnya kala berbincang dengan Okezone di kediamannya, belum lama ini. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menyebut, pendidikan juga tak sekadar akademis atau membaca buku. 

Sebab, siswa juga perlu berinteraksi dengan teman-temannya, termasuk dengan lingkungan. "Ini yang harus ditumbuhkan. Jadi jangan sampai belajar diartikan dengan meraih angka. Angka itu hanya salah satu komponen kecil," terangnya. Kendati demikian, penggagas Indonesia Mengajar ini mengingatkan bahwa hal ini bukan berarti para siswa tidak mengejar prestasi akademis. Karena baik akademis maupun nonakademis sama-sama diperlukan untuk menghadapi tantangan di masa mendatang. 

"Dorong anak-anak ikut kegiatan yang banyak geraknya dibandingkan yang stasioner. Hal ini supaya mereka ada inisiatif, bukan sekadar ide dan gagasan. Kita dorong mereka untuk berkarya," ucapnya. Meski tak lagi menjabat sebagai penentu kebijakan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Anies bertekad akan tetap bergerak untuk memajukan pendidikan Indonesia. 

"Saya kemarin sebelum pelantikan mengirimkan surat kepada para guru, kepala sekolah, kepala dinas untuk titip teruskan gerakan sekolah sebagai taman yang menyenangkan. Saya berharap pendidikan kita ke depan akan lebih memunculkan unsur penumbuhan karakter secara lengkap," pungkas ayah empat anak ini.


Terima kasih telah mengunjungi laman kami. Silahkan dibagikan
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "TAMAN YANG MENYENANGKAN BUKTI PENDIDIKAN YANG MERDEKA"

Posting Komentar