TAHUKAH ANDA ARTI DARI JAMBORE SERTA MAKNA DARI LOGO DAN MASKOT JAMNAS?

Jambore Nasional digelar kembali di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta, pada 14-21 Agustus 2016. Sebetulnya apa sih arti jambore itu? 

Jambore kalau menurut kamus bahasa Inggris, berasal dari kata “Jamboree”, yang artinya kira-kira sebuah perayaan atau pesta besar yang melibatkan massa yang banyak dan riuh.

Mengenal Logo dan Maskot Jamnas

Ini tepat disematkan pada jambore pramuka, karena biasanya pesertanya banyak sekali. Pada Jamnas tahun ini saja pesertanya adalah 16.428 Pramuka Penggalang dan 2.056 pembina. Belum termasuk panitia dan sukarelawan. 

Tapi jambore bukan cuma nasional lho ya. Jambore itu ada sejak dari tingkat gugus depan, lalu ke tingkat ranting (kecamatan), cabang (kabupaten/kota), kemudian Jambore Daerah (provinsi), dan akhirnya di tingkat nasional yang disebut dengan Jambore Nasional atau Jamnas.

Yes, jambore memang identik dengan perkemahan. Jambore nasional itu mempertemukan pramuka penggalang dari seluruh Indonesia pada sebuah perkemahan besar, yang diselenggarakan oleh Kwartir Nasional. Pelaksanaannya 5 tahun sekali. 

Berbeda dengan Lomba Tingkat yang merupakan ajang kompetisi, Jambore adalah kegiatan ‘bersenang-senang’. Tapi bukan dalam arti negatif lho ya. 

Di Jambore Nasional para pramuka itu mengikuti berbagai kegiatan yang sifatnya rekreatif dan edukatif. Artinya, yang menghibur tapi tak ketinggalan unsur pendidikannya. Kegiatannya antara lain olahraga, upacara, anjangsana, games, kuis, malam api unggun, seni, dan sebagainya. 

Untuk Jambore Nasional 2016 ini, CNN Student hadir sebagai salah satu pendukung. Kalian bisa berkunjung ke booth CNN Student di arena Teknologi dan Seni Budaya yang ada di Lapangan Terbang Dirgantara. 

Kalian yang jadi peserta Jamnas, juga bisa menjadi kontributor CNN Student dengan mengirimkan artikel tulisan, foto, maupun video kalian dari berbagai kegiatan yang kalian ikuti. Artikel yang dimuat, akan kami beri kenang-kenangan menarik lho. Kirimkan artikel kalian ke sini.

Sumber: http://student.cnnindonesia.com/edukasi/20160811113014-445-150666/apa-itu-jambore/

TAHUKAH ANDA MAKNA DARI MASKOT JAMNAS ITU?

Dari tahun ke tahun logo dan maskot Jambore Nasional berganti. Pada Jamnas 2016 yang digelar di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, 14-21 Agustus, logo yang dipakai adalah hasil sayembara yang kemudian dimodifikasi oleh Taufik Umar Prayoga. 

Taufik Umar Prayoga ini merupakan anggota pramuka yang pernah menjuarai Sayembara Pembuatan Logo JOTA-JOTI Internasional Tahun 2014.

Logo itu merupakan pengejawantahan tagline Jamnas tahun ini, yaitu: keren, gembira, dan asyik. Seperti dijelaskan di situs jamborenasional.com, logo itu menceritakan tentang keluwesan, modern, dinamis, dan keceriaan. Perpaduan dengan warna yang berani memiliki pesan Pramuka Penggalang yang berjiwa riang gembira. 

Sedangkan maskot Jamnas kali ini adalah sosok yang disebut Si Bon dan Si Ela. Keduanya adalah personifikasi burung elang bondol, maskotnya Provinsi DKI Jakarta. 

Elang bondol atau nama latinnya Haliastur indus adalah spesies burung pemangsa yang memiliki ciri bagian kepala dan leher serta dada berbulu putih. Sementara sisanya berwarna merah bata pucat. Burung ini hidup di kawasan Asia Tenggara, Asia Tengah, China, dan Australia. Di Indonesia sendiri, habitatnya tersebar di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua. 

Burung ini dijadikan maskot DKI Jakarta pada 1989, bersamaan dengan salak Condet. Di kawasan Pulau Seribu, ada penangkaran burung ini.


Terima kasih telah mengunjungi laman kami. Semoga informasi yang diperoleh menambah pengetahuan anda
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "TAHUKAH ANDA ARTI DARI JAMBORE SERTA MAKNA DARI LOGO DAN MASKOT JAMNAS?"

Posting Komentar