KEMDIKBUD AKAN MEMBANGUN SEKOLAH SATU ATAP DI DAERAH 3T

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), Hamid Mohammad mengatakan, untuk menyelesaikan masalah kesenjangan pendidikan, pemerintah akan membangun sekolah satu atap. Prioritas utamanya, sekolah tersebut akan dibangun di wilayah terluar, terdepan dan terpencil (3T).
"Akan kita bina secara khusus, Karena ini daerah yag sangat jauh dan terpencil. Ke depan akan dibina secara insentif," kata Hamid, pada pembukaan kegiatan Lomba Motivasi Pelajar Mandiri (Lomojari) 2016, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Jakarta, Senin,(1/8).
Hamid menuturkan, sekolah yang akan dibangun tidak sembarang. Pihaknya akan menyiapkan sekolah satu atap yang berintegrasi dengan SD.
"Konsepnya akan mengganti SMP Terbuka. Sebelumnya, jumlah SMP Terbuka ada 4.600 sekolah. Namun, setelah ada sekolah satu atap mengalami penurunan hingga 900, sehingga jumlah SMP Satu Atap menjadi 5.000 buah," katanya.
Pada kesempatan itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, dalam sambutannya mengatakan, hadirnya SMP Terbuka merupakan solusi. Siswa diberi pilihan sesuai dengan kesiapan, karena dengan semakin banyak pilihan akan semakin banyak memberikan ruang.
"SMP Satu Atap memperpendek jarak desa dan kota. Siswa memiliki banyak pilihan pendidikan formal. Mohon dipahami semakin banyak pilihan akan semakin banyak memberikan ruang," kata dia.
Selanjutnya, Muhadjir mengapresiasi prestasi siswa sekolah Satu Atap dan Terbuka pada kegiatan Lomojari, sehingga dapat dijadikan percontohan pendidikan dan dibutuhkan untuk diterapkan di wilayah diluar Jakarta.
"Mereka juga anak bangsa, alangkah disayangkan jika hanya segelintir yang bisa menikmati pendidikan. Di negara luar, siapa yang mempekerjakan anak masih sekolah melanggar Undang-undang. Di Indonesia tidak mungkin, karena terkadang ketika tamat SMP atau SMA sudah bekerja. Oleh karena itu, mereka harus disertai keterampilan supaya bisa bekerja dengan keahlian yang mendukung. Para siswa diajarkan keterampilan jika tida bisa melanjutkan pendidikan," kata dia.
Terima kasih telah mengunjungi laman kami. Informasi yang kami berikan adalah Informasi Kami Terdepan dan Terpercaya. 
Tolong Bantu Share yaa...
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "KEMDIKBUD AKAN MEMBANGUN SEKOLAH SATU ATAP DI DAERAH 3T"

Posting Komentar