LOWONGAN GURU GARIS DEPAN DAN SEKOLAH GARIS DEPAN AKAN DIBUKA

WALAU rencana pembukaan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) belum ada kejelasan dari pemerintah pusat. Namun pemerintah telah berupaya mengisi kekosongan guru di sekolah-sekolah di daerah pedalaman. Untuk itu pemerintah pusat akan membuka lowongan atau formasi baru, khusus Guru Garis Depan (GGD) serta Sekolah Garis Depan (SGD) dalam waktu dekat.

Adanya sinyal penerimaan GGD dan SGD ini dibenarkan Kepala Bidang Pengembangan Pegawai di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kapuas Hulu Hendri. Dia mengaku, pihaknya baru menerima informasi tentang adanya penerimaan formasi GGD dan SGD. Hanya saja, kapan waktu penerimaan ia mengaku belum ada petunjuk jelas, karena itu baru sebatas informasi awal dari pemerintah pusat.


"Kapan waktunya kapan kami belum mengetahui secara pasti, yang jelas mereka ini nantinya akan ditempatkan didaerah terpencil, terluar dan terdepan," paparnya.

Khusus untuk kuota GGD dan SGD, pihaknya masih mengusulkan kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Menpan-RB). Demikian juga dengan jumlahnya, juga akan disesuaikan.

Lebih lanjut Hendri menambahkan, nantinya juga akan ada pengangkatan Pegawai Tidak Tetap (PTT), untuk Bidan dan Dokter. Pengangkatan ini juga melalui jalur formasi khusus.

“Mereka ini juga akan ditempatkan ditempat yang terdepan, terluar dan tertinggal,” terangnya. Terdepan, kata dia, artinya yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan untuk terluar artinya pulau-pulau terluar negara ini.

Sementara, sambung Hendri lagi, yang disebuth terpencil adalah daerah-daerah yang belum maju dan masih terisolir. Dijelaskannya, para peserta yang mengikuti jalur formasi khusus ini juga akan mengikuti penyeleksian dalam penerimaan nantinya. Namun untuk mereka yang mengikuti seleksi harus sarjana dan sudah pernah mendidik di daerah terpencil, terluar dan terdepan serta besic sain.

Atau yang pernah didik pada saat kerjasama kementrian pendidikan nasional dengan daerah yang menyekolahkan mereka sebelumnya. Yang mengadakan penyeleksian masing-masing kementrian, seperti untuk SGD dan GGD oleh kementrian pendidikan. Sementara untuk PTT, Bidan dan Dokter penyeleksiannya Kementrian Kesehatan. “Jadi formasi ini di kementerian masing-masing,” jelasnya.

Dikatakan, khusus untuk penerimaan jalur khusus mulai dari pendaftaran, penyeleksian dan sampai pada peneriman sepenuhnya dilaksanakan oleh Kementrian. Sementara pemerintah daerah hanya berkapasitas mengusulkan Nomor Induk Pegawai (NIP). "Tempat tes bisa jadi di Pontianak, karena mereka semua yang mengatur. Mudah-mudahan pelaksanaanya di dalam tahun ini," paparnya.


Terima kasih telah mengunjungi laman kami dan semoga informasi yang diperoleh bermanfaat. Ayo segera informasikan pada saudara, teman dan kerabat agar segera mendaftar
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "LOWONGAN GURU GARIS DEPAN DAN SEKOLAH GARIS DEPAN AKAN DIBUKA"

Posting Komentar