KOMISI X DPR RI MINTA PEMDA MENGHAPUS SEKOLAH FAVORIT, ALASANNYA KARENA . . .

Pemerintah Daerah (Pemda) diminta bisa menghilangkan stigma status sekolah favorit. Permintaan tersebut ‎disampaikan Anggota Komisi X DPR RI, HM Ridwan Hisjam.

“Demi pemerataan pendidikan tidak boleh ada sekolah favorit. Semua sekolah harus memiliki kualitas yang sama,” kata‎ Ridwan Hisjam saat berkunjung ke KOta Malang, Minggu (03/07/2016).


Jadi, lanjut politikus Partai Golkar ini menegaskan, Pemda seperti ‎Pemkot Malang wajib menghilangkan status sekolah favorit menyamakan kualitas pendidikan di tiap sekolah.

“Tidak boleh di suatu darah ada sekolah favorit dan sekolah non-favorit. Untuk menyamakan kualitas pendidikan di tiap sekolah itu, suport atau dukungan dari Pemda harus dilakukan. Terutama yang berkaitan dengan ‎anggaran pendidikan,” terang mantan Wakil Ketua Komisi X ini.

Menurut Ridwan, sesuai undang-undang anggaran pendidikan minimal 20 persen dari totalanggaran. Dia berkeyakinan, jika ketentuan itu dipatuhi maka sekolah favorit akan hilang secara alamiah.

Selain itu, kata dia, penerimaan peserta didik baru (PPDB) harus berbasis wilayah. ‎Sehingga, kualitas pendidikan bisa merata.

Meski begitu, dia sangat keget begitu diberi‎ tahu bila di Kota Malang, sekolah-sekolah favorit masih tersentral di satu lokasi atau kecamatan. Bahkan, dia  sangat prihatin bila di Kecamatan Blimbing tidak memiliki sekolah negeri untuk tingkat SMA.

Alasannya, karena Kota Malang terkenal sebagai kota pendidikan. Makanya, dia meminta agar Pemkot membangun SMA Negeri di kecamatan tersebut.

“Jika dana kurang cukup menyediakan lahan minimal 1,5 hektar. Soal anggaran pembangunannya akan kami perjuangkan ‎lewat APBN,” tegasnya.

Dengan begitu‎, tandas anggota DPR RI dari Dapil Malang ini, Pemkot Malang tidak fokus pada sekolah favorit semata. Sebab, bisa berdampak pada upaya pemerataan kualitas pendidikan.

“Kualitas pendidikan di sekolah manapun harus sama. Sehingga tidak ada lagi sekolah favorit non-favorit,” pungkasnya.


Terima kasih telah mengunjungi laman kami semoga informasi yang diperoleh bermanfaat dan Tolong Bantu di Bagikan agar semua teman tahu.
loading...
LIKE & SHARE

0 Response to "KOMISI X DPR RI MINTA PEMDA MENGHAPUS SEKOLAH FAVORIT, ALASANNYA KARENA . . ."

Posting Komentar